BERBAGI
180 Pengawas TPS Distrik Abepura Dilantik, Beginilah Tugas Mereka
Ketua Panwaslu Distrik Abepura Adolof Imanuel Lensru, SIP melantik Pengawas TPS se-Distrik Abepura untuk Pilgub Papua di Grand Abe Hotel, Jayapura, Jumat (22/6).


JAYAPURAKetua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)  Distrik Abepura Adolof Imanuel Lensru, SIP melantik 180 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di 11 Kelurahan/Kampung se-Distrik Abepura, Kota Jayapura untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Papua Tahun 2018 di Grand Abe Hotel, Jayapura, Jumat, (22/6).

Ke-180 Pengawas TPS, masing-masing dari Kelurahan Wahno, Kelurahan Way Mhorock, Kelurahan Vim, Kelurahan Abepantai,  Kelurahan Asano, Kelurahan Awiyo,  Kelurahan Yobe, Kelurahan Kota Baru, Kampung Enggros, Kampung Koya Koso dan  Kampung Nafri.

Turut hadir dalam acara ini, Danramil 1701-03 Abepura Kapten (Inf) Y Simbiak, Wakapolsek Abepura  AKP Teguh Wahyudi, Komisioner Panwaslu Abepura, para Lurah dan Kepala Kampung se-Distrik Abepura, serta stakeholder.

Pelantikan tersebut sekaligus juga diisi  Bimbingan Teknis yang diberikan oleh Komisioner Panwaslu Kota Jayapura dan Panwaslu Distrik Abepura.

Bimtek itu meliputi soal kelembagaan, kode etik penyelenggara, tugas, dan fungsi pengawasan.

Dengan dilantiknya Pengawas TPS, ujarnya, mereka sudah dapat melaksanakan tugas dan kewajiban di tempat tugasnya masing-masing yang telah ditunjuk.

Masa kerja pengawas TPS sendiri yakni selama sejak dilantik hingga dengan 7 hari sesudah Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Lensru berharap, semua pengawas TPS mempunyai gadget smartphone untuk menunjang pelaporan yang cepat, transparan, publikatif, dan mendorong dokumentasi yang sistematik.

Sebab, Bawaslu RI telah menyediakan sistem laporan daring (berbasis online) yang akan diisi oleh Pengawas TPS, Kelurahan, Kecamatan, dan juga Pengawas Kabupaten/ Kota.

“Hasil yang telah dilakukan oleh Pengawas  TPS nantinya akan langsung dilaporkan ke Pengawas  Kelurahan, selanjutnya pengawas Kelurahan akan merekap dan melaporkan ke Pengawas Distrik, begitu selanjutnya. Istilahnya pelaporan Alat Kerja Pengawasan ( AKP ) secara berjenjang,” jelasnya.

Menurut Lensru,  beberapa tugas Pengawas  TPS diantaranya adalah pengawasan hari masa tenang kampanye, pengawasan persiapan menuju pemungutan suara, pengawasan saat pemungutan Suara di TPS,  hingga pengawasan pelaksanaan Penghitungan Suara di TPS.

“Selain itu, pengawas TPS juga akan melakukan pengecekan atas ketidaksesuaian penghitungan suara di TPS, pengawasan penggunaan hak pilih, tata cara penggunaan surat suara dan hasil penghitungan suara,” terang dia. Diakhir Bimtek dilakukan simulasi pencoblosan.

Mohon Doa Restu Masyarakat

Sementara itu, Ika Wijaya, seorang Pengawas TPS dari Abe Pantai menuturkan, pihaknya telah mengikuti Bimtek pengawasan Pilgub Papua  yang digelar  di  Kelurahan Abe Pantai.

Ia berharap agar Bimtek kali ini mampu memberikan mereka pemahaman yang  lebih  menyeluruh terkait tugas dan tanggungjawab pengawasan pada Pilgub Papua.

“Kami juga mohon doa restu masyarakat  khususnya di Distrik Abepura, agat kami dapat ikut mensukseskan pesta demokrasi di  Tanah Papua,” ujarnya. (mdc/pel)