BERBAGI
FOTO ILUSTRASI KAPAL TENGGELAM
FOTO ILUSTRASI KAPAL TENGGELAM

 

JAYAPURA-Sebuah perahu cepat yang ditumpangi enam warga Papua Nugini (PNG) tenggelam, akibat dihantam ombak saat melintasi Perairan Jayapura, Provinsi Papua, pada Kamis (21/6) subuh. Beruntung keenam warga tersebut selamat.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Satuan Polisi Perairan Polres Jayapura Kota, kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 04.00 WIT. Perahu cepat yang ditumpangi enam warga PNG melaju dari Vanimo menuju Jayapura dengan mengangkut 38 karung pinang.

Nahas perahu tersebut dihantam ombak saat melintasi Perairan Jayapura hingga tenggelam. Lima penumpang berhasil menyelematkan diri dengan cara berenang menuju Pantai Skouw, Kota Jayapura, sedangkan satu penumpang sisanya diselamatkan warga dan aparat kepolisian yang melakukan pencarian.

Menurut penuturan anggota Satuan Polisi Perairan Polresta Jayapura Kota, Aiptu. Basri , Kamis (21/6), kecelakaan itu diduga disebabkan muatan perahu yang berlebihan. Padahal motoris sudah kerap kali melintasi wilayah Perairan Jayapura dari Papua Nugini.

“Kemungkin karena kelebihan muatan, namun syukur seluruh penumpang selamat dan tidak ada korban meninggal dunia,” tegasnya.

Basri menambahkan, pihaknya masih menunggu koordinasi dengan pihak konsulat Papua Nugini terkait nasib para korban. “Mereka masih kami tampung hingga menunggu hasil koordinasi dengan pihak konsulat,” kata Basri.(ful)