BERBAGI
Tumbur/Wone  Masyarakat Kampung Kwakdeware saat membuat sagu yang disaksikan Penjabat Gubernur Papua, (Purn) TNI. Soedarmi dan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, Kamis (21/6).
Tumbur/Wone
Masyarakat Kampung Kwakdeware saat membuat sagu yang disaksikan Penjabat Gubernur Papua, (Purn) TNI. Soedarmi dan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, Kamis (21/6).

SENTANI-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan menjadikan Kabupaten Jayapura sebagai role model (panutan) dalam pengolahan sagu hingga menjadi tepung sagu.

“Untuk mewujudkannya, Pemprov Papua terus mendorong Pemerintah Kabupaten Jayapura terhadap pengolahan sagu itu sebab dengan demikian masyarakat Papua akan lebih mencintai makanan sagu tersebut,” kata Penjabat Gubernur Papua, (Purn) TNI. Soedarmo dalam sambutan pada Perayaan Hari Sagu II dan Festival Sagu Papua di Kampung Kwakdeware, Distrik Waibu, Kamis (21/6).

Menurutnya, pihaknya juga telah menginstruksi kepada jajaran OPD di Lingkungan Pemprov Papua agar mempersiapkan makanan di kantornya yang terbuat dari sagu.

“Tujuannya mendorong agar sagu kembali menjadi bahan makanan pokok serta menjadi lumbung pangan dalam hal ketahanan pangan. Sebab, bila dikelola secara baik maka sagu akan jadi lumbung pangan dunia,” ujarnya.

Penjabat Gubernur itu mengajak, kepala daerah kabupaten dan kota di Papua agar sama-sama mewujudkan pabrik pengolahan sagu menjadi tepung. Harapan pada pembahasan APBD Perubahan baik provinsi maupun kabupaten anggaran membangun pabrik sagu dapat dimasukkan sehingga di Papua memiliki satu pabrik kilang sagu.

“Langkah seperti ini harus ada setidaknya untuk membuat oleh-oleh khas Papua. Masa Provinsi Papua Barat yang terkenal abon gulung memiliki khasnya, setidaknya Papua juga memiliki makanan khas juga,” katanya membandingkan.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura telah mewujudkan hal itu. Di mana, pada event FDS sagu ditampilkan sebagai tampilan yang utama termasuk dalam festival yang diselenggarakan setiap tahun di bulan Juni tersebut.

“Bahkan untuk mewujudkannya sudah diberikan beberapa ruang khusus bagaimana praktik sagu tersebut dipromosikannya. Tujuannya mengajak masyarakat ke dusun,” katanya.

Dengan begitu, Bupati Awoitauw mengapresiasi, pencanangan penanaman satu juta pohon sagu di Kabupaten Jayapura. Dan sebagai awal, dua ondoafi Kampung Kwakdeware telah menyatakan sikap untuk mendukung dalam mewujudkannya. “Harapannya kampung lain juga harus ikut ambi bagian,” harapnya.(tom/yek)