BERBAGI
Walkot saat diwawancarai wartawan
Wali Kota Jayapura Benhur Tomy Mano

SENTANI – Dinas Pariwisata Provinsi Papua  diusulkan mempromosikan satu paket pariwisata dari Bumi Cenderawasih ke dunia Internasional.

“Jadi dimulai dari Festival Port Numbay, setelah itu, lanjut ke Festival Danau Sentani (FDS), lanjut ke Festival Lembah Baliem, terakhir mungkin di Festival Raja Ampat. Ya, itu supaya   satu  paket wisatawan lokal maupun  manca  negara mereka bisa datang,” ujar Wali Kota Jayapura Benhur Tomy Mano, ketika ditanya wartawan sinergi antara Pemkot Jayapura dan Pemkab  Jayapura,  agar FDS  menjadi pintu masuk memperkenalkan  pariwisata Papua ke dunia internasional,  disela-sela  pembukaan FDS ke-XI  di Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Selasa (19/6).

FDS digelar  19-23 Juni 2018 di Pantai Khalkote,  mengusung Tema Khenambai  Umbai. Satu Hati, Satu Jiwa untuk Indonesia.

Karena itu, jelasnya,  pihaknya mengajak  para Bupati di wilayah adat  Tabi, untuk  duduk bersama mulai membahas rencana  pegelaran Festival Tabi.

“Kita bisa buat Festival  Tabi,   kita menampilkan makanan-makanan  khas, tarian tradisionil  dan lain-lain. Mungkin tahun ini di Sarmi, tahun depan di Kabupaten Jayapura,  tahun berikutnya lagi Kota Jayapura. Jadi kita berputar,” katanya.

Promosi Rutin

Walikota menuturkan, pihaknya  memberikan apresiasi, karena  FDS dari  tahun ke tahun  ada perubahan-perubahan, setelah  ditangani  pihak ketiga.  “Mereka menampilkan  adat-istiadat   di Sentani yang beraneka-ragam tarian-tarian, lagu-lagu, pakaian adat, dan juga ukiran-ukiran tradisionil, supaya ini  bisa dilestarikan sampai dengan anak cucu kita,” tutur Mano.

Ia juga mengharapkan, FDS secara rutin dipromosikan dan ditata lebih baik lagi, agar menarik lebih banyak wisatawan lokal maupun manca negara. “Event ini kan  ada nilai ekonomi untuk  masyarakat lokal  setempat sekaligus  mempromosi daerah,” tukasnya.

Menurutnya,  FDS kedepan mesti ditata  semeriah mungkin. Kalau boleh dibukanya agak sore hari, agar lebih hidup,  disertai lampu-lampu hias, pesta kembang api.

“Saya akan melengkapi saat Festival Port Numbay kedepan,” janjinya.  (mdc/pe)