BERBAGI
DOK HUMAS POLDA PAPUA/WONE  Tim Gabungan Operasi Angkutan Lebaran tengah mengamankan karton berisi miras ilegal yang hendak diselundupkan ke Kabupaten Asmat, Kamis (21/6).
DOK HUMAS POLDA PAPUA/WONE
Tim Gabungan Operasi Angkutan Lebaran tengah mengamankan karton berisi miras ilegal yang hendak diselundupkan ke Kabupaten Asmat, Kamis (21/6).

JAYAPURA-Tim Gabungan Operasi Angkutan Lebaran 2018 menggagalkan penyelundupan ratusan botol minuman keras (miras) dari Kabupaten Merauke menuju Asmat, pada Kamis (21/6) sekitar pukul 17.00 WIT.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Humas Polda Papua, pengungkapan upaya penyelundupan miras ini berawal saat tim gabungan mendapat informasi pengiriman minuman keras dari Merauke menuju Asmat.

Menindaklanjuti informasi itu, tim gabungan melakukan penggeledahan di kamar yang ditempati Anak Buah Kapal (ABK) berinisial MM dan AB. Dari penggeledahan, aparat menemukan 29 karton Vodka Robinson ukuran 250 ml atau berisi 698 botol pada kamar MM.

Sementara dari kamar AB, aparat menemukan delapa karton miras berisi 240 botol miras Vodka Robinson dan Wisky Robinson.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Merauke, Ajun Komisaris Polisi Horas Nababan saat dikonfirmasi, Kamis (21/6) mengatakan, ratusan botol miras ilegal itu rencananya akan diselundupkan dengan menggunakan Kapal Motor Bambit yang tengah bersandar di Pelabuhan Kepala Lima, Merauke.

“Ratusan botol miras itu ditemukan saat tim gabungan melakukan pemeriksaan terhadap Kapal Bambit di Dermaga Kelapa Lima. Saat ini seluruh barang bukti telah diamankan di Mapolsek KPL Merauke,” kata Nababan.

Berdasarkan keterangan awal, ungkap Nababan, kedua ABK mengaku miras tersebut titipan dari Orang Tak Dikenal (OTK). Meski demikian, pihak kepolisian akan terus menyelidiki siapa pemilik ratusan miras tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat khususnya yang menggunakan transportasi kapal agar tidak membawa barang-barang terlarang. Seperti miras, sajam dan narkoba. Sebab kalau kedapatan akan kami tindak sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegasnya. (ful)