BERBAGI
Tumbur/Wone  Creative Derekter FDS XI, Reno.
Tumbur/Wone
Creative Derekter FDS XI, Reno.

 

SENTANI-Tokok Sagu mewarnai puncak peringatan FDS XI Tahun 2018 hari kedua dari jadwal yang telah disusun sejak pembukaan Selasa 19 hingga Sabtu 23 Juni 2018 sebagaimana telah disusun rundown acara oleh panitia penyelenggara.

Kegiatan ini tentu ditambah acara lainnya yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya masyarakat asli Kabupaten Jayapura.

Creative Derekter FDS XI, Reno mengatakan, ditampilkan tokok sagu karena di Papua terdapat sekitar 62 jenis sagu dan termasuk hutan sagu dunia dan itu berarti ketahanan pangan sudah bagus dan sekarang tinggal bagaimana cara mengolahnya.

“Makan sagu selama ini dinilai kampungan dan bagaimana pengolahannya itu yang disosialisasikan sepanjang hari kedua ini di FDS,” kata Reno kepada wartawan di Pantai Wisata Khalkote, Rabu (20/6).

Reno mengatakan, selain pengolahan juga dikemas perform bagaimana pengolahan sagu menjadi kue dan atraksi budaya hidup sagu tetap terpelihara terlebih pada FDS ini.

Di samping itu, Reno menyampaikan, pihaknya menyiapkan sejumlah perahu dan speedboat bagi masyarakat yang ingin berkeliling di seputar Danau Sentani dengan dihargai sekitar Rp 20.000 perorang.

“Bagi masyarakat yang ingin menggunakanya bisa langsung datang ke Pantai Wisata Khalkote,” pungkasnya.(tom/yek)