BERBAGI
DOK HUMAS POLDA FOR WONE  Ribuan pemudik tujuan Jayapura memadati Pelabuhan Laut Biak pada H+3 Lebaran, Selasa (19/6).
DOK HUMAS POLDA FOR WONE
Ribuan pemudik tujuan Jayapura memadati Pelabuhan Laut Biak pada H+3 Lebaran, Selasa (19/6).

JAYAPURA-Ribuan pemudik kembali ke Kabupaten Biak dengan menggunakan Kapal Sinabung, pada H+3 Lebaran, Selasa (19/6) kemarin. Ribuan pemudik ini merupakan penumpang dari Pelabuhan Manokwari dan Pelabuhan asal lainnya.

Kepala Subsektor Kawasan Pelabuhan Laut Biak, Ipda. Muhamad Bagus Irianto menuturkan, arus balik para pemudik tujuan Biak telah mencapai 1.030 orang dengan menggunakan Kapal Sinabung.

Selain peningkatan jumlah penumpang turun, lanjut Bagus, jumlah penumpang yang meninggalkan Biak menuju Jayapura juga mengalami lonjakan. Tercatat 1.070 orang dari Biak dan penumpang lanjutan dari Manokwari tujuan Jayapura mencapai 883 orang.

Berdasarkan pantauan, kata Bagus, penumpang tujuan Jayapura memenuhi kapal, mulai dari dek hingga anjungan. Ia pun mengaku, kewalahan melakukan pengawasan terhadap penumpang.

“Kapal sandar pukul 13.00 WIT dan berangkat pukul 15.00 WIT, artinya para penumpang harus naik dalam waktu 2 jam. Namun kami bersyukur kapal telah berlayar dengan kondisi aman dan kondusif,“ kata Bagus.

Ia pun memprediksi, jumlah penumpang yang akan berangkat dengan tujuan Jayapura dan wilayah Papua lainnya akan mengalami peningkatan, dikarenakan waktu cuti telah berakhir.(ful)