BERBAGI
Yikwanak Payok
Yikwanak Payok

WAMENA : Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Papua, Yikwanak Payok menjelaskan, untuk droping dan distribusi logistik pemilihan kepala (Pilkada) serentak tahun 2018 untuk daerah dengan ibukota di Kobakma itu, akan dipusatkan melalui Wamena kabupaten Jayawijaya.

“Berhubung kantor kami sudah terbakar. Makanya kami akan berkantor di Wamena. Pendropingan logistik kami rasa lebih bagus lewat Wamena,” kata Yikwanak kepada wartawan di Aula Ukumearek Asso, Kota Wamena,  Jayawijaya, usai talk show terakhir Pasangan bupati dan Wakil Bupati Mamteng, Selasa ( 12/06/2018).

Yikwanak yang didampingi Sekretaris KPUD Mamteng Happy Wangloan menuturkan, untuk logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) Papua alias Pemilihan Gubernur Papua, yakni surat suara Pemilihan sedang dalam proses pelipatan.

Sedangkan untuk logistik Pilkada Bupati – Wakil Bupati Mamteng hari Senin (11/6/2018) lalu baru saja tiba di Wamena dan belum sempat dibuka.

“Untuk logistik pemilihan bupati (Pilbup) belum kami buka,”Kata Payok.

Faktor Keamanan

Yikwanak Payok atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Steven itu mengakui, masih ada gesekan di Kota Kobakma ibukota kabupaten Mamteng. Dia menyebut masih ada pihak atau oknum di beberapa daerah yang merasa masih dirugikan, sehingga sampai saat ini masih ada yang mendatangkan massa. Bahkan ada yang sengaja menyebar isu tak benar di Mamteng

“Ada pihak – pihak tertentu yang menginformasikan ada pasangan lain yang sudah lolos. Kata mereka KPU RI sudah meloloskan mereka sebagai peserta Pilkada 2018. Tetapi disini kami sebagai penyelenggara kami sendiri belum tau informasi tersebut. Kami tahu kalau putusan sampai di Mahkamah Agung (MA) berarti  sudah final,”tegasnya.

Ia berharap agar  masyarakat lebih jeli dan tidak mudah terprovokasi dengan ulah orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang mengingginkan Mamteng tidak kondusif. “Sebab jika terjadi sesuatu disana maka masyarakatlah yang menjadi orang yang dirugikan,” pungkasnya. (Afid/Cel)