BERBAGI
Suasana Talkshow terakhir yang digelar KPUD Mamberamo Tengah

WAMENA : Dalam rangka mendengarkan pemaparan visi dan misi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Tengah, pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah(KPUD) Kabupaten Mamberamo Tengah gelar Talkshow  di Gedung Ukumearek Asso, Wamena, Selasa (12/06/2018).

Talkshow tersebut mengambil tema Sinergitas pusat dan daerah serta mengkokohkan Nasionalisme kebangsaan masyarakat Kabupaten Mamberamo Tengah dalam bingkai NKRI.

Dalam pemaparannya, pasangan calon tunggal Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, SH,MSi,-Yonas Kenelak S.Sos, menyebut di Kabupaten Mamberamo Raya sangat kental dengan Nasionalisme.

Calon Bupati Ham Pagawak mencontohkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Mamberamo Tengah sangat bersahabat dengan masyarakat Nusantara disana.

“:Ini sebagai bukti bahwa Kabupaten Mamberamo betul-betul menjaga rasa Nasionalisme kebangsaan,”Katanya.

Ia menegaskan, dalam proses pembangunan di Kabupaten Mamberamo Tengah, pasangan petahana itu selalu melibatkan seluruh suku yang ada di Kabupaten, baik yang suku asli maupun suku-suku Se-Nusantara yang ada.

“Jika masyarakat Mamberamo Tengah tidak mempunyai rasa Nasionalisme maka mereka akan ditolak masuk ke Mamberamo, namun kenyataannya masyarakat menerima kedatangan mereka,” Jelasnya.

Dikemukakan Ricky Ham Pagawak, nasionalisme masyarakat Mamberamo Tengah terlihat jelas dari semangat dan dukungan pada seluruh program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

“Jadi masyarakat Mamberamo Tengah yang paling Indonesia, sebab semua suku hidup berdampingan disini. Oleh sebab itu jangan lagi mempersoalkan masalah Nasionalisme sebab kami yang paling Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu Ketua KPUD Mamberamo Tengah, Yikwanak Payok yang didampingi Sekertaris KPU,Happy Wangloan menjelaskan, kegiatan ini merupakan Talkshow  yang terakhir dan bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai visi dan misi pasangan calon Bupati Ricky Ham Pagawak, SH,MSi dan Wakil Bupati Yonas Kenelak,S.Sos atau disingkat Ha-Nas.

Logistik Sudah Tiba

Disinggung terkait logistik pilkada kabupaten Mamberamo Tengah, Yikwanak Payok mengakui logistik sudah tiba disana sehari sebelumnya. Hanya saja, belum sempat dibuka.

“Distribusi logistic dilakukan dari Wamena sebab kantor kami sudah terbakar disana sehingga tidak mungkin kami lakukan disana. Pendistribusian lebih baik dilakukan di Wamena sebab disini lebih terjangkau akses transportasi udaranya. Ada satu Distrik yang harus dijangkau oleh transportasi udara seperti Distrik Megambelis dan Distrik lain seperti Kelila, iluga, eragayam dan kobakma menggunakan transportasi darat,” paparnya.

Yikwanak Payok  menambahkan, total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Mamberamo Tengah berjumlah 33 ribu pemilih.

Pasangan Calon Tunggal Pilkada kabupaten Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak saat mengikuti talk show terakhir yang digelar KPUD Mamberamo Tengah

“Kita optimis seluruh tahapan bisa dilakukan, sekalipun ada gesekan yang terjadi disana seperti di Kobakma dan didaerah lain di Kabupaten Mamberamo Tengah,” ujar Yikwanak Payok.

Adapun Talkshow  terakhir KPUD Mamberamo Tengah ini menghadirkan tiga panelis yaitu Dr Yuliance Alexanderina Burdam M.AB, Dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih. Yang juga pakar dalam bidang Ilmu Manajemen Pelayanan Publik.  Henderina Morin, SE MPA (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Uncen) pakar dalam bidang Ilmu Manajemen dan Kebijakan Publik, serta Edward Kocu S.Sos M.SI (Dosen FISIP Uncen) yang juga pakar dalam bidang Ilmu Politik dan Pemerintahan serta Direktur pada Central For Election and Political Party Uncen (CCP).

Talkshow  dipandu moderator Jackson Yumame SIP, MPA. (Afid)