BERBAGI
Perpustakaan Jantung Pembelajaran di Sekolah
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Drs. Hans Y. Hamadi, M.Si

JAYAPURA— Perpustakaan sekolah merupakan “jantung” sangat penting bagi peserta didik untuk belajar secara mandiri. Karenanya, Perpustakaan Sekolah harus  ditingkatkan  pengelolaannya.

Untuk itu telah diterapkan antara lain Permendagri Nomor 25 Tahun 2008 tentang standar kompetensi tenaga pengelola perpustakaan sekolah.

“Salah-satu sarana  yang  amat penting, bahkan dapat  diibaratkan  sebagai jantung  didalam proses pembelajaran di sekolah adalah perpustakaan,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan  Arsip Daerah Provinsi Papua Drs. Hans Y. Hamadi, M.Si, disela-sela Pengumuman Pemenang Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA (SMA, MA, SMK)/Swasta Provinsi Papua  Tahun 2018 di Kantor Perpustakaan dan  Arsip Daerah Provinsi Papua, Jayapura, Rabu (6/6).

Ia  menjelaskan, Perpustakaan Sekolah  dewasa ini bukan hanya merupakan  unit kerja yang menyediakan  bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi Murid, tapi juga merupakan bagian integral dalam pembelajaran.

“Artinya,  penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah harus sejalan dengan visi dan misi sekolah dengan mengadakan bahan bacaan  bermutu sesuai dengan kurikulum,” katanya.

Dikatakannya, pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan  Bab XIII Pasal 48 (1) mengamanatkan  bahwa pembudayaan kegemaran membaca  yang dilakukan melalui tiga jalur, yakni melalui keluarga, satuan pendidikan  dan masyarakat sebagaimana yang  dilakukan  dalam bentuk lomba penilaian  perpustakaan  sekolah SLTA  saat ini.

Menurut dia, pembudayaan kegemaran membaca lebih mudah ditanamkan  pada anak sedini mungkin dan berlanjut secara terus –menerus mewujudkan anak  yang mempunyai kegemaran membaca, dapat ditumbuhkan di sekolah dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya perpustakaan  yang ada pada perpustakaan sekolah,  sehingga membiasakan anak-anak mengenal  dan lebih dekat pada perpustakaan sekolah sehingga menjadi suatu kebiasaan.

Pasalnya, kebiasaan memanfaatkan perpustakaan merupakan wujud dari adanya minat baca. Karena itulah, salah-satu  peran penting  dari perpustakaan sekolah adalah ikut serta menyadarkan anak-anak murid SLTA/SMK  tentang pentingnya memanfaatkan perpustakaan sekolah yang akan membentuk watak dan kepribadian mereka  pada masa –masa mendatang.  (mdc/pel)