BERBAGI
Presiden Ingin Penanganan Asmat Komprehensif
Foto Dok : Penjabat Gubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo

JAYAPURAPenjabat Gubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan penanganan masalah  di Kabupaten Asmat lebih  menyeluruh atau komprehensif, Pasca Kejadian Luar Biasa (KLB), beberapa waktu lalu yang  merengut puluhan Balita dan anak-anak akibat campak dan gizi buruk.

Ha itu disampaikan Gubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, usai  Peringatan Hari Lahir Pancasila 2018 di Halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II, Jayapura, Jumat, (1/6).

Gubernur menjelaskan, pihaknya telah  menyerahkan kepada Presiden, terkait hasil pemetaan kebutuhan nyata di Kabupaten Asmat, meliputi bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi rakyat  dan infrastruktur.

“Kita memberikan masukan untuk dipelajari Pak Presiden. Mungkin  nanti kita tim diminta duduk bersama, kita perjuangkan bagaimana penanganan Asmat supaya komprehensif,” kata Gubernur.

Sebelumnya, Gubernur menuturkan, pihaknya diundang Presiden ke Istana Merdeka Jakarta, untuk membahas kebutuhan nyata di Asmat. Presiden mengintruksikan kepada Gubernur untuk membuat pemetaan kebutuhan nyata di Asmat.

Sekedar diketahui, Jokowi bersama sejumlah Menteri kunjungan kerja ke Asmat pada  12 April 2018, untuk melihat dari  dekat KLB  di Agats, Ibukota Kabupaten Asmat. (mdc/pel)