BERBAGI
Usaha Piring Lidi Diminati oleh Konsumen di Kota Jayapura
Moses Yomungga pendamping UMKM di Distrik Muara Tami

JAYAPURA – Guna meningkatkan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Jayapura, salah satu pendamping usaha kecil Moses Yomungga mengatakan, produksi Piring Lidi yang ia dampingi kwalitasnya lebih baik dari pada piring-piring Lidi dari daerah lainnya.

“Piring Lidi produksi mama- mama dari kampung Skow Sae sangat baik kwalitasnya, dan laris dipasaran, sebab menggunakan Lidi yang masih hijau dan penganyamannya lebih rapat,” kata Moses Yomungga saat ditemui di Balai Kota baru-baru ini.

Moses Yomungga mengatakan, Piring Lidi buatan mama-mama dari kampung Skow Sae bisa digunakan untuk makanan yang berkuah seperti Papeda dan Kuah Ikan.

“Satu Minggu mama-mama bisa menghasilkan lima lusin piring lidi dan ini dikerjakan secara kelompok oleh mereka,” ungkapnya.

Selain ada kelompok Piring Lidi, di Skow Sae juga ada kelompok minyak kelapa untuk obat dan kosmetik dan kelompok noken. Di antara tiga kelompok ini yang menjadi primadona adalah Piring Lidi, sebab peminatnya cukup banyak di Kota Jayapura.

Ketika disinggung mengenai bahan baku, ia mengakui bahan baku cukup tersedia disana, sebab pohon kelapa tumbuh subur disana.

Intinya program peningkatan ekonomi kecil berbasis kearifan lokal sangat berhasil di kampung Skow Sae dan kami sangat mendukung program-program seperti ini.(fid/pel)