BERBAGI
Pemkot Dorong ada SOP pergudangan
Kasi standarisasi dan perlindungan konsumen di Perindagkop Kota Jayapura, Reinald Korwa

JAYAPURA – Guna meningkatkan pengawasan ditingkat distributor, melalui Kepala Seksi Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Perindagkop Kota Jayapura, Reinald Korwa, mengatakan, pihaknya akan mendorong Standar Operating Procedur (SOP) untuk pergudagangan.

“Tujuan dari SOP pergudagangan ini untuk menjaga kwalitas barang hingga ke tangan konsumen tetap baik dan aman dikonsumsi,” kata Reinald Korwa saat dikonformasi baru- baru ini.

Ia mencotohkan, jika didalam suatu Gudang mereka simpan beras atau jenis makanan lain, namun disisi lain gudang tersebut juga menyimpan barang Farmasi, akhirnya beras, dan jenis makanan lain akan rusak atau kwalitasnya menurun.

Selain itu, menurut Reinald Korwa, SOP ini bertujuan sebagai data bagi dinas Perindag untuk menjadi data dan bisa dianalisis perkembangan perdagangan di Kota Jayapura, sehingga Pemkot melalui Disperindagkop mendorong semua gudang yang ada di Kota Jayapura mematuhi SOP tersebut.

Lebih lanjut, jika semua gudang telah menerapkan SOP ini dengan baik, maka barang-barang yang sampai ditangan masyarakat memiliki kwalitas yang baik dan aman dikonsumsi oleh konsumen.

Ia menambahkan disini ada beberapa distributor besar yang mempunyai gudang seperti setia tunggal, maju makmur, ud kharisma dan hypermart.(fid/pel)