BERBAGI
Ombudsman Nilai ada Peningkatan Pelayanan
Sidak Ombudsman di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Jayapura

JAYAPURA  – Dalam rangka melihat secara langsung implementasi pelayanan public, Asisten Pratama Ombudsman RI Perwakilan Papua, Indra Mangiwa Putra, Sidak ke beberapa OPD dilingkungan Pemerintah Kota Jayapura.

Indra Mangiwa Putra, mengatakan, Sidak ini merupakan Sidak yang kelima kali dilakukan oleh pihaknya. “Penilaian ini dilakukan sejak Tahun 2013 hingga Tahun 2018,  dan itu terus kita lakukan penilaian untuk melihat secara langsung pelayanan Publik sejauh mana dilaksanakan oleh OPD-OPD apakan setiap tahun ada peningkatan atau tidak,” ungkap Indra Mangiwa Putra saat ditemui disela-sela Sidak di OPD dilingkup Kota Jayapura. Senin, (28/5).

Untuk penilaian Sidak yang  genjar dilaksanakan Ombudsman,  menurut Indra Mangiwa Putra diupayakan bulan Oktober sudah bisa diumumkan secara Nasional.

Indra mengatakan sampai saat ini pihaknya masih mengumpulkan data dari 13 OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dari 13 OPD tersebut kita melihat apakah produk layanannya sudah terpang-pang atau belum.

“Kita hanya melihat dan menilai keterpang-pangan layanan saja, jika ada tapi tidak terpasang, maka kami nilai itu tidak ada,” jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan Mangiwa, jika dibandingkan dengan Tahun lalu, Tahun ini ada peningkatan dan diharapkan semua OPD masuk Zona hijau.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi, mengatakan, jika dilihat dari kasat mata produk layanan kita sudah terpang-pang dengan baik di dinding dan kita sedikit lebih baik dibandingkan dengan OPD lain.

Kami sangat berharap penilaian Ombudsman bisa memberikan zona hijau kepada Dinas Sosial, sebab apa yang di persyaratkan sudah kami penuhi seperti maklumat, kotak saran, TV Umum, Toilet, Admin, Moto dan jenis pelayanan.

“Pelayanan publik kita bersifat temporer, dimana satu tahun hanya 10 orang yang meminta layanan kita seperti adopsi anak,” jelasnya.

Selain itu layanan kami memberikan rekomendasi pembentukan lembaga sosial dan layanan ini tidak sampai 10 orang yang urus setiap tahun. Namun apapun itu kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat.(fid/pel)