BERBAGI
Jumat, Pemprov Peringati Hari Lahir Pancasila
Asisten III Sekda Papua Bidang Umum Bidang Umum Elysa Auri, menyalami Staf, usai Apel Pagi di Halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II, Jayapura

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 di Halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II, Jayapura,  Jumat (1/6).

Hal itu disampaikan Asisten III Sekda Papua Bidang Umum Bidang Umum Elysa Auri dalam arahannya pada  Apel Pagi  di Halaman Kantor  Gubernur Papua, Dok II, Jayapura, Senin (28/5).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 akan diselenggarakan secara nasional dengan tema; “Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi”.

Upacara Hari Lahir Pancasila di lingkungan Pemprov Papua akan dipimpin Penjabat Gubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, sekaligus membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo. 

Pada upacara Hari Kesaktian Pancasila, ujar Auri, pihaknya menghimbau kepada Asisten Sekda, pimpinan SKPD, eselon  III dan IV  dan semua ASN, untuk  hadir sekaligus  mengenakan seragam KORPRI.

Sekedar diketahui, lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi  Cosakai atau  Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) pada tanggal 1 Juni 1945.

Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila  pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi anpa judul dan baru mendapat sebutan Lahirnya Pancasila  oleh mantan Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyoningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK tersebut. Sejak tahun 2017, hari tersebut resmi menjadi hari libur nasional. (mdc/pel)