BERBAGI
Gubernur Lapor Presiden
Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Provinsi Papua Noak Kapisa

JAYAPURAKabupaten Asmat belum lama ini dilanda Kejadian Luar Bisa (KLB) Gizi buruk dan Campak kepada puluhan anak-anak, hingga ada yang meninggal dunia.

Untuk mengatasi masalah KLB itu, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua, maupun Pemerintah Kabupaten Asmat sendiri serta stakeholder langsung menanganinya secara cepat dengan menerjukan puluhan tenaga kesehatan dibantu TNI/Polri mengatasi KLB itu, akhirnya tidak berlangsung lama, KLB di Daerah itu bisa diatasi secepatnya, dibuktikan pencabutan status KLB oleh Bupati Asmat Elisa Kambu.

Belum selesai sampai disitu, Presiden Joko Widodo memerintahkan agar Pemerintah Provinsi Papua melaksanakan kegiatan pemetaan rill di Kabupaten terapung itu, julukan Kabupaten Asmat.

Mendapat perintah dari orang nomor satu di republic ini, Pemerintah Provinsi Papua langsung bergerak cepat dengan menurunkan Tim pemetaan di Asmat sesuai perintah Presiden Joko Widodo.

Tidak butuh waktu lama, tim pemetaan rill selesaikan melaksanakan tugasnya, dan kembali ke Jayapura membawa hasil pemetaan, selanjutnya diserahkan kepada Penjabat Gubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Provinsi Papua Noak Kapisa mengungkapkan bahwa, kegiatan pemetaan kebutuhan riil di Kabupaten Asmat telah tuntas, dan Gubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo didampingi Kepala Badan Litbang Provinsi Papua Oma Laduane  sudah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo  (Jokowi) di Jakarta Senin,  (28/5) lalu.

“Hasil pemetaan oleh Tim yaitu, kebutuhan riil di Kabupaten Asmat, meliputi bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi kerakyatan dan infrastruktur,” ungkap Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Noak Kapisa, usai pembukaan  Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi SDM  Koperasi dan UMKM di Provinsi Papua di Sahid Hotel Papua, Jayapura, Rabu, (30/5).

“Jadi hasilnya kita tunggu saja,” singkat Noak Kapisa.

Namun menurut Noak Kapisa, pihaknya mendapatkan sedikit informasi bahwa Pak Presiden kita minta lebih proaktif lagi dengan Kementerian/Lembaga terkait  untuk mendindaklanjuti   poin-poin  yang Pak Gubernur laporkan.

Sebagaimana diwartakan, sebelumnya Presiden Jokowi menyampaikan kepada Gubernur Papua, untuk melakukan pemetaan kebutuhan riil di Kabupaten Asmat pasca KLB yang merengut puluhan jiwa bayi dan anak-anak di wilayah tersebut, beberapa waktu lalu. (mdc/pel)