BERBAGI
Demokrat Puncak Jaya “S14P” Lanjutkan Kemenangan
PLT. Ketua Demokrat Puncak Jaya Yumin Wonda didampingi LPT Sekretaris Lukas Telenggen dan PLT Bendahara Demokrat Puncak Jaya Ditinus Yoman, SE di Redaksi Harian WONE

JAYAPURA – Sebagaimana nomor urut 14 diperoleh Partai Demokrat untuk pemilihan Legislative Tahun 2019 mendatang, dimana angka 14 merupakan nomor urut memiliki sarat makna dan nilai bagi Partai Demokrat.  Angka 14 ini menjadi slogan Partai Demokrat, yakni, “S14P”.

Berkaitan dengan itu, sesuai dengan slogan Demokrat S14P, maka DPC Demokrat Puncak Jaya siap kembali melanjutkan kemenangan di Puncak Jaya sebagaimana pada pemilihan Legislativ Tahun 2009 DPC Demokrat Puncak Jaya sebagai pemenang dengan berhasil merubut 4 kursi dari 25 kursi yang ada. Lima tahun kemudian yaitu, pemilhan Legislativ Tahun 2014 DPC Demokrat kembali memenangkan suara Puncak Jaya dengan memperoleh 8 Kursi dari 30 kursi yang ada di DPRD Puncak Jaya.   

“Untuk pemilhan Legislativ Tahun 2019 mendatang, Partai Demokrat memperoleh nomor urut 14, dengan menjadi slogan saat ini yaitu, Demokrat S14P. Untuk itu kami Demokrat Puncak Jaya sebagaimana 10 Tahun sebelumnya sebagai pemenang kursi Legislativ DPRD Puncak Jaya, maka Tahun  2019 mendatang, kami SI4P lanjutkan kembali kemenangan itu,” ungkap PLT. Ketua Demokrat Puncak Jaya  Yumin Wonda didampingi LPT Sekretaris Lukas Telenggen dan PLT Bendahara Demokrat Puncak Jaya Ditinus Yoman, SE di Redaksi Harian WONE, Senin, (28/5).

Dalam perekrutan bakal Caleg dari DPC Partai Demokrat Puncak Jaya menurut Yumin Wonda, pihaknya akan menyeleksi orang-orang yang memang benar-benar memajukan Partai, serta kepentingan masyarakat itu sendiri.

Hal itu sesuai dengan amanah dan aturan yang diturunkan dari DPP Demokrat Pusat, turun ke Provinsi sampai ke Kabupaten/Kota.

“Memang untuk perekrutan bakal Caleg, aturan Partai sangat jelas dan tegas. Mereka yang diberikan rekomendasi orang-orang yang benar-benar merasa memiliki Partai untuk memajukan Partai serta kepentikan masyarakat, karena suara datang dari masyarakat,” jelas Yumin Wonda yang juga Bendahara Demokrat Provinsi Papua itu.

Sementara itu PLT. Sekretaris Demokrat Puncak Jaya Lekas Telenggen mengungkapkan, sesuai dengan rekomendasi yang diberikan DPD Demokrat Provisi Papua kepada dirinya sebagai Sekretaris, serta PLT Ketua DPC Demokrat kepada Yumin Wonda, beban yang dipercayakan dipundaknya, pihaknya akan menjaga kepercayaan itu untuk bekerja semaksimal mungkin melanjutkan kembali kemenangan Demokrat Puncak Jaya seperti 10 Tahun sebelumnya.

Sementara untuk pendaftaran bakal Calon Legislativ, sebagaimana aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta peserta pemilu tidak menunda pendaftaran bakal Calon Anggota Legislative (Caleg) di Sistem Informasi Calon (Silon) Pemilu 2019, dan pendaftaran bakal Caleg dimulai pada 4-17 Juli 2018 dengan berbagai peryaratan yang harus dilengkapi, untuk itu pihaknya saat ini terus melengkapi syarat bakal Calon Legislativ DPC Demokrat Puncak Jaya, .

“Sistem Informasi Pencalonan (Silon) telah dimasukan dalam draf Peraturan KPU (PKPU) pencalonan, dan ditegaskan agar para bakal Calon tidak ada yang terlambat mendaftar di KPU melalui online pada tanggal 4 sampai 17 Juli 2018, sehingga yang kami kejar sekarang berbagai berkas pesyaratan bagi bakal Calon,” jelas Lekas Telenggen.

Lekas Telenggen mengungkapkan, untuk bakal Calon Legislativ Puncak Jaya, delapan anggota DPRD Kabupaten Puncak Jaya dari DPC Partai Demokrat tetap didorong maju sebagai calon utama. Namun  apakah mereka mau maju di Pusat (DPR RI), Provinsi (DPRP) ataupun DPRD Kabupaten Puncak Jaya, tergatung mereka sendiri mau maju dimana.

Sebagaimana dua periode sebelumhya, DPC Demokrat Puncak Jaya sebagai pemenang suara di Puncak Jaya, maka menurut Lekas Telenggen, pihaknya optimis Demokrat Puncak Jaya kembali mendapatkan kepercayaan di hati masyarakat Puncak Jaya, sehingga target untuk pemilihan Legislativ Tahun 2019 pihaknya meyakini bisa meperoleh 10 kursi dari 30 kursi tersedia di DPRD Kabupaten Puncak Jaya.

Siap Laksanakan Amanah yang Diberikan

PLT Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Puncak Jaya Yumin Wonda mengatakan, siap jalankan kepercayaan dan amanah diberikan dipundaknya sebagai Pelaksanan Tugas  DPC Partai Demokrat Kabupaten Puncak Jaya oleh Ketua DPD Demokrat Provinsi Papua Lukas Enembe, S.IP. MH.   

“Bapak Ketua DPD Demokrat Provinsi Papua Lukas Enembe, SIP.MH mempercayakan amanah tongkat estavet Pimpinan Ketua DPC Demokrat Puncak Jaya kepada saya sebagai PLT, bersama PLT Sekretaris Lukas Telenggen, maka kami berdua siap akan menjalankan amanah itu selama beberapa bulan kedepan sampai pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC. Demokrat secara serentak DPC-DPC Demokrat se Provinsi Papua yang masa tugasnya telah selesai dan belum memiliki Ketua Definitive,” ungkap PLT Yumin Wonda didampingi PLT. Sekretaris Demokrat Puncak Jaya Lekas Telenggen dan PLT Demokrat Puncak Jaya Bendahara Ditinus Yoman, SE.

Menurutnya, tugas mendesak saat ini yang harus dijalankan yaitu, mengurus berkas-berkas Caleg dari Demokrat Puncak Jaya untuk pemilihan Legislativ Tahun 2019 mengingat pemilihan Legislativ 2019 secara online. Meskipun pendaftaran bakal Caleg dimulai pada 4-17 Juli 2018 mendatang, namun persiapan telah dimulai dari sekarang.

“Salah satu syarat pencalonan bakal Caleg dari Demokrat harus memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Demokrat, sementara KTA di harus di DPP Demokrat Pusat. Sekarang sementara berjalan pengurusan KTA dengan berbagai admistrasi yang harus dilengkapi  bakal Caleg,itu yang kami kejar sekarang,” jelas Yumin Wonda.

Disinggung mengenai pencalonan bakal Caleg dari DPC Demokrat  Puncak Jaya, Yumin Wonda menegaskan bahwa, kedepan memberikan rekomendasi untuk menjadi bakal Caleg dari Partai Demokrat orang-orang yang betul-betul punya komitmen mengangkat dan bekerja keras untuk kemajuan Partai Demokrat serta kepentingan masyarakat Puncak Jaya kedepan.

“Ini tidak bisa main-main. Dia (Caleg) harus bekerja bentul-betul, punya komitmen yang tinggi tentang Partai, serta kepentingan rakyat Puncak Jaya. Kalau dia hanya main-main kita tidak memberikan rekomedasi, dan itu telah menjadi penegasan baik dari Demokrat Pusat, Provinisi maupun Kabupate,” tegas Bendahara Demokrat Provinsi Papua itu.

Yumin Wonda lebih jauh mengungkapkan, ketegasan Partai untuk tidak sembarang menerima dan memberikan rekomendasi bagi bakal Caleg dari Demokrat untuk menjaga bakal Calon Legisltativ musiman. “Begitu pemilihan baru mendaftar sebagai Caleg. Jadi tegas Partai tidak bisa memberikan rekomendasi. Karena walaupun ini Partai, tetapi Partai untuk kepentingan rakyat, kemajuan dan kemakmuran rakyat diutamakan,” tegas Wonda.

Sementara itu, PLT. Sekretaris Demokrat Puncak Jaya Lekas Telenggen mengungkapkan, Kader-Kader lama seperti yang sudah duduk sebagai anggota Lagislativ di DPRD Puncak Jaya, mereka tetap kami akomodir dan lanjutkan sebagai Caleg, namun tergantung dari mereka sendiri, apakah tetap di Partai Demokrat, mari kita sama-sama memajukan Partai Demokrat, tetapi kalau memang dia memilih mencalokan diri di Partai lain, pihakya tidak bisa tahannya.

Lekas Telenggen mengatakan, mereka yang sudah duduk di Legislativ tetap merekomdasikan sebagai bakal Celeg dari DPC Partai Demokrat Kabupaten Puncak Jaya.

Diberita lain, DPC Demokrat Puncak Jaya secara resmi mengumumkan kepada masyarakat Puncak Jaya ingin menjadi bakal Calon Legistlativ melalui Partai Demokrat Kabupaten Puncak Jaya silakan mendaftarkan diri di Sekretariat Demokrat Kabupaten Puncak Jaya dan langsung menghubungi Sekretaris menyerahkan semua berkas-berkas yang diterapkan sebagai syarat bakal Calon Legislativ.(pel)