BERBAGI
Anggota DPRP Papua Hearing Pulik Bersama SOLPAP
Jhon NR Gobay, saat meminpin Rapat bersama Solpap

JAYAPURA –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Jhon NR Gobay perwakilan 14 Kursi perwakilan Adat mengadakan kegiatan Hearing Public bersama Solidaritas Pedagang Asli Papua (SOLPAP) serta pedagang mama-mama Papua bertempat di Pasar Mama-Mama Papua di Kota Jayapura, Saptu, (26/05).

Hearing Public dengan mengambil thema, “Perlindungan dan Pengembangan Papua Lokal di Papua,”.

“Berdasarkan Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 Pasal 1 disebutkan bahwa, kedaulatan Pangan adalah hak negara dan bangsa yang secara mandiri menentukan kebijakan pangan yang menjamin hak atas pangan bagi rakyat dan yang memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem pangan yang sesuai dengan sumber daya local,” ungkap Jhon Goay.

Dalam kesempatan itu, John menjelaskan bahwa, pangan lokal adalah pangan kaya akan sumber Karbohidrat, Protein, Vitamin dan Mineral yang perlu upaya meningkatkan jumlah populasi dan meningkatkan pemanfaatannya.

John menyampaikan, peraturan (UU) menegaskan, kita sebagai Orang Asli Papua (OAP) jangan terus berharap bantuan Pemerintah saja yang membuat  OAP malas kerja seperti masyarakat selalu mengharapkan bantuan beras Raskin.

“Jadi kita OAP jangan berharap bantuan pemerintah saja, terus melupakan apangan lokal seperti, Ubi, Keladi, Potem Sukun, Bete, Singkon, Pisang, sayur sayuran, buah-buahan, peternakan, perikanan serta hasil Danau dan hasil laut,” ungkap Gobay.

Untuk meningkatkan pangan Lokal, lanjut Gobay, pihaknya akan mendorong regulasi daerah untuk proteksi dan pengembangan pangan lokal yang tentunya akan melindungi petani, nelayan dan peternak serta pedagang asli Papua.

Sementara itu, mewakili salah mama Papua, Gerfasia Mote menyampaikan bahwa, setelah pindah dari pasar lama ke pasar baru yang dibangun Presiden RI Jokowi ini sangat menyulitkan untuk berjualan karena kunjungan pembeli sangat minim mengakibatkan pendapatan juga berkurang.

“Setelah dibagi tiga kas yaitu, uang modal, uang Pajak,  maka kami mama mama Pasar Papua mengalami kekurangan uang untuk biaya anak Sekolah dan uang makan dirumah. Hal ini Bapa Wali Kota perlu perhatikan kami karena pemerintah adalah mitra masyarakat yang Tuhan utus untuk mengurus masyarakat,” ujar polos mama Gerfasia Mote.

Mendegar keluhan mama-mama pedagang di Pasar Mama-Mama Papua, Anggota DPR Papua John NR Gobai, berjanji akan bertemua dengan Wali kota Jayapura dan Gubernur Provinsi Papua terkait Aspirasi yang disampaikan.(cw-02/pel)