BERBAGI
Nampak aktivitas berbelanja di Toko Zam-zam Kota Jayapura masih sangat sepi, Rabu (23/5). (Foto:SUnario/Wone)

JAYAPURA – Beberapa hari bulan puasa, hingga saat ini belum terlalu terlihat adanya  aktivitas masyarakat dalam mencari dan membeli baju baru, juga beberapa pakaian jadi lainnya. Hal itu terlihat pada beberapa Toko Pakaian yang ada di kota Jayapura dan sekitarnya yang masih sepi pengunjung.

Toko Zam-Zam yang terletak di pada Pasar Ampera misalnya, saat wartawan melihat aktivitas pada toko tersebut, masih sangat sepi akan pengunjung yang ingin berbelanja pakaian jadi untuk kebutuhan Lebaran jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kalau tahun lalu, dengan kondisi yang sama biasanya sudah lumayan ramai. Jika melihat kondisi yang ada saat ini, kemungkinan besar masyarakat baru akan melakukan aktivitas berbelanja itu, dua minggu sebelum hari lebaran, pasti sudah mulai banyak pegunjung yang datang mencari baju baru,” ujar Petrus Mandoali, yang merupakan Penanggung jawab dari Toko Zam-zam tersebut kepada Wone, Rabu (23/5).

Petrus mengungkapkan, bahwa saat ini sebagian besar para konsumennya hanya datang berbelanja untuk perlengkapan salat aja. Di mana biasanya baik pria maupun wanita datang ke toko itu hanya untuk mencari mukena, baju, jilbab motif terbaru, gamis, dan sajadah saja.

“Sebenarnya kondisi yang ada ini, bukan karena permintaanya yang berkurang, akan tetapi karena saat ini sudah banyak penjual pakaian yang ada di Papua ini khususnya di Kota Jayapura, sehingga sangat berdampak pada beberapa toko sejenisnya seperti toko kami ini,” ungkap Petrus.

Ditambahkan Petrus, dulu sebelum adanya beberapa pusat perberlanjaan di Kota Jayapura ini, seperti Mall Jayapura dan beberapa toko online lainnya, toko yang sudah berdiri sejak beberapa tahun yang lalu itu selalu ramai di kunjungi konsumen setianya. Dan dengan telah mulai beroperasinya beberapa swalayan modern itu, jumlah pengunjung toko itu telah berkurang  hingga 50 persen jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. (sun/man)