BERBAGI
Bincang – Bincang Walikota Jayapura, Drs.Benhur Tomi Mano.MM (Kanan) dan Kepala Kanwil Kemenkumhan Papua, Iwan Santoso, SH.M,Si (Kiri) (1)
Kepala Kanwil Kemenkumhan Papua, Iwan Santoso, SH.M,Si (Kiri) saat berbincang-bincang dengan Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano.MM (Kanan) disela-sela peresmian lapangan Volly di Lapas Abepura

Jayapura – Setelah sekian tahun Kota Jayapura tidak memiliki Lembaga Permasyarakatan (Lapas) khusus Ibu dan Anak, kini Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Papua mendapat anger segar setelah Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tami Mano menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Jayapura telah menyediakan lahan seluas 3 Hektar untuk pembangunan Lapas Ibu dan Anak.

Kepala Kakanwil Kemenkumham Papua, Iwan Santoso, SH.M,Si, saat ditemui awak Media disela-sela menghadiri kegiatan penyerahan alat Olahraga dan peresmian lapangan Bola Volly di Lapas Abepura oleh Wali Kota Jayapura, mengakui bahwa pemerintah Kota Jayapura telah menyediakan lahan untuk pembanguan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) di Kota Jayapura.

“Tentunya kami kami dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Papua sangat menyambut baik ini dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah Kota Jayapura,” ungkap  Iwan Santoso.

Menurut Iwan Santoso, Lapas LPKA dan LPP di Kota Jayapura sebagai Ibu Kota Provinsi Papua, sangat membutuhkan Lapas tersebut.

“Sesuai undang – undang bahwa setiap Ibu Kota Provinsi harus memiliki LPKA dan LPP. Untuk itu, dengan lahan yang sudah disiapkan oleh pemerihtah Kota Jayapura seperti disampaikan oleh Bapak Wali Kota, maka kami siap membangun LPKA dan LPP,” jelas Iwan Santoso seraya mengungkapkan rencana pembangunan LPKA dan LPP di Kota Jayapura sudah di programkan oleh Kemenkumham Wilayah Papua, namun terkendala lahan.

Iwan menambahkan, diskusi bersama Wali Kota Jayapura, lahan disediakan Pemerintah Kota Jayapura  untuk pembangunan LPKA dan LPP berlokasi di Disrik Muara Tami Kampung Koya seluas 3 hektar.

“Kedepan kami dari Kemenkumham bersama pemerintah Kota Jayapura akan melihat langsung kesana (Kampung Koya) selanjutnya perencanaan pembangunan,” tutpnya. (cw-02/pel)