BERBAGI
Pemkot Fokus Pertahankan Muara Tami Sebagai Sentra Pertanian
Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano MM saat panen raya padi di Koya, Distrik Muara Kota Jayapura

JAYAPURA –Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano MM, mengatakan Pemkot terus mengembangkan komoditas lahan pertanian kering dan lahan persawahan di Distrik Muara Tami.

“Bulan April lalu kita telah melakukan panen raya padi Koya Barat dengan luas lahan 550 hektar,” ungkap Benhur saat penjabaran capaian satu tahun kepemimpinan baru-baru ini.

Selain itu pihaknya juga mengembangkan komoditas lokal, komoditas perkebunan kakao serta peternakan sapi, babi dan kambing.

“Semua ini bertujuan agar kawasan Muara Tami dapat terus mensuplai kebutuhan pangan bagi masyarakat di Kota Jayapura,”Jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga mengembangkan sektor perikanan, dengan terus melakukan pembinaan sekolah lapang, pelatihan budi daya bagi petani perikanan dan diberikan bantuan bibit serta pakan.

“Dalam upaya tersebut mereka bisa meningkatkan produksi ikan menjadi 49.093 ton selama tahun 2017 atau naik 0,10 persen dari tahun 2016. Sedangkan tingkat konsumsi ikan dimasyarakat juga naik menjadi 42,5 persen atau naik 0,20 persen dari tahun 2016,”Ungkapnya.(fid/pel)