BERBAGI
Jaga Keamanan, RTRW Diingatkan Bangun Pos Siskamling
Kepala Distrik Heram, Bobby J. E Awi, S.STP, M.Si

JAYAPURA – Dalam rangka menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) lingkungan khususnya di wilayah Distrik Heram, kedepan direncanakan akan membangun Pos Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di tingkatan RT/RW.

“Ini merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat,” ungkap Kepala Distrik Heram, Bobby J. E Awi, S.STP, M.Si, saat ditemui Harian WONE diruang kerjanya, Jumat, pecan lalu.

Menuru Bobby J. E Awi, Siskamling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban serta memberikan perlindungan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Keamanan.

“Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban sangat penting dimana merupakan potensi pengamanan dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rasa aman,” aku Awi.

Dikatakan Awi, tujuan utama dari pembangunan Siskamling yaitu, menciptakan kondisi keamanan serta rasa aman dilingkunganya masing-masing dan terwujudnya kesadaran warga masyarakat timbulnya gangguan kamtibmas maupun bencana alam.

Selain membangun Siskamling, juga akan diadakan ronda malam keamanan lingkungan untuk menjaga keamanan dari pencurian, maupun melanggaran hukum yang berlaku di masyarakat, lebih khusus di wilayah Heram.

“Selain itu dengan adanya jaga malam dari masyarakat ini juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, karena seluruh bagian dari masyarakat setempat akan diikutsertakan dalam jadwal ronda siskamling dengan penjadwalan piket. Meningkatkan rasa kebersamaan antar penghuni suatu kampung ataupun penduduk secara umum yang tinggal dan menetap dilingkungan setempat,” ungkapnya.

Mengingat situa di Kota Jayapura saat ini banyak pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat dibeberapa lokasi, maka kami harap setiap RT/RW di kelurahan ada, untuk segera mengaktifkan dan membangun Siskamling di masing masing wilayah.

Dia menambahkan pihak kepolisian pasti sangat merespon dan memberikan bantuan berupa alat bantu perlengkapan di Siskamling. Kembali kesadaran masyarakat setempat itu sendiri, kami pihak pemerintah siap membantu.

“Begitu juga dengan sodara-sodara kita yang Muslim memasuki Bulan Puasa, maka mereka juga membutuhkan bantuan dari kita masyarakat di sekitar tempat kita berada dengan memberikan keamanan, kenyamanan dan ketertiban agar mereka menjalini Bulan Puasa  ini dengan baik,” imbuh anak Ondoafi Kampung Nafri ini.(cw-02/pel)