BERBAGI
Fikom USTJ Siap Menuju Akreditasi B
Widodo, S,Kom. M,Si Ketua Prodi , Sistim Informasi, Fakultas Fikom USTJ Jayapura

JAYAPURA  – Untuk mendapatkan peningkatan Akreditas B, Universitas Sains Dan Teknologi Jayapura (USTJ) Fakultas Ilmu Komputer dan Manajemen (Fikom) Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) terus berbenah diri dengan melengkapi semua fasiltas yang mebjadi criteria peningkatan Akreditas.

“Melalui beberapa tahapan dan kriteria yang diajukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Standar Pendidikan (BAN-SP),  sudah kami lengkapi semuanya guna mendapatkan peringkat (Nilai) Akreditasi ‘B’ yang sebelumnya Fakultas ini mendapatkan Akreditasi C,” ungkap Ketua Prodi Sistem Informatika Widodo, S. Kom. M.Si saat ditemui Harian WONE diruang kerjanya, Selasa, (22/05).

Menurut Widodo sejak berdirinya Fakultas Sistem Informatika pada Tahun 2008 dengan mendapatkan Akreditasi C, hingga saat ini banyak perubahan dan kemajuan yang telah dicapai untuk mengajukan peningkatan status yang yang menjadi persyaratan kriteria dari BAN-SP pertimbangan mereka.

“Salah satu persyaratan bagi Perguruaan Tinggi, kami sudah sudah memenuhi Krteria tersebut yaitu, paling sedikit dalam satu Jurusan wajib mempunyai tenaga Dosen tenaga pengajar (guru) yang bergelar Strata Dua (S2), untuk kami disini memiliki Dosen S2 lebih dari 6 Dosen,” terang Widodo.

Lebih lanjut Widodo mengungkapkan, sesuai dengan masah berakhirnya Akreditasi C, maka sebelum 6 bulan berakhirnya masa Akreditasi, pihaknya telah mengirim berkas kepada Dikti BAN-SP, sebelum bulan  November Tahun 2018 , sesuai waktu ditetapkan oleh BAN – SP.

“Persiapan – persiapan sudah kami lakukan,  dan pendaftaran atau pengiriman berkas sudah kami ajukan melalui system online, selanjutnya BAN-SP sendiri yang akan turun untuk melakukan peninjauan dan penilaian apakah semua kriteria yang ada terpenuhi atau tidak,” ujarnya.

Widodo mengharapkan, agar Tahun 2018, Fakultas Fikom Prodi Sistem Informatika bisa mendapatkan nilai Akreditasi B dari BAN – SP. “Kalau dilihat dari beberapa Kriteria sudah terpenuhi semua oleh Fikom dimana ada Dua Jurusan dinataranya, Prodi Sistem Informatika dan Tehnik Informatika. Kkedua Prodi ini masing masing memiliki Dosen S2 dengan jumlah 6 Dosen,” jelas Widodo. (cw-02/pel)