BERBAGI
5 Bulan, Restribusi Pasar Capai Rp500 Juta
Para pedagang yang sedang berjualan di Pasar Sentral Hamadi

JAYAPURA – Kepala Pasar Hamadi Jeany Nerokouw,S.IP, mengungkapkan, pihaknya bisa mengumpulkan Pajak Restribusi sebesar Rp1 Juta/Hari untuk pedagang dipelataran, sedangkan untuk Toko dan Kios dipunggut setiap bulan.

“Jumlah pedagang Toko dan Kios berjumlah 372, sedangkan pedagang pelataran berjumlah sekitar 200 orang,” kata Jeany saat di konfirmasi Wartawan baru-baru ini.

Jeany menjelaskan untuk penarikan Pajak Toko dan Kios setiap Bulan dan hasil tersebut langsung setor ke Bappenda Kota Jayapura.

“Hasil iuran yang bersumber dari Toko dan Kios bisa mencapai Rp30 juta hingga Rp40 juta per bulan,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari jumlah 372 Kios dan Toko tersebut tidak semua bisa tertagih dimana masih banyak pedagang dilantai dua yang enggan untuk membuka dagangannya.

“Hanya 200 pedagang yang bisa ditagih dan sekitar 100 pedagang tidak bisa ditagihkan karena kiosnya tidak dibuka,” jelasnya.

Ketika disinggung mengenai peningkatan PAD di Pasar Hamadi, ia mengatakan dari bulan Februari hingga Mei ini PAD atau 5 bulan berjalan mencapai Rp500 Juta.

Pihaknya menghimbau untuk para pedagang dilantai dua agar kembali membuka dagangannya, agar sehingga bisa optimal dalam menagih.(fid/pel)