BERBAGI
Tumbur/Wone Alpius Toam,St,M,Mt
Tumbur/Wone
Alpius Toam,St,M,Mt

Sentani-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Pendidikan menganggarkan kurang lebih Rp 15 miliar untuk membiayai ratusan tenaga guru kontrak yang telah disebar di seluruh pelosok wilayah Kabupaten Jayapura.

“Rp 15 miliar itu untuk membiayai tenaga guru kontrak saja yang telah direkrut dari Yayasan Indonesia Cerdas Dan Universitas Pelita Harapan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam,ST,M,MT Kepada Wone saat ditemui di Sentani, Sabtu (19/5).

Dijelaskan, biaya itu belum termasuk anggaran bagi guru kontrak yang memiliki motifasi dalam memberikan pengajaran di sekolah-sekolah baik SMP dan SD sehingga  dengan apa yang diajarkan para guru itu pada akhirnya mencerdaskan anak-anak Kabupaten Jayapura.

“Dalam meningkatkan motifasi pengajaran maka para guru kontrak akan diwajibkan membuat literasi atau menulis 1 buku dalam 1 tahun. Tujuannya, agar para guru menulis buku sehingga buku yang ditulisnya bukan hanya dibaca olehnya sendiri saja melainkan anak-anak muridnya juga,” harapnya.

“Dan itu tentunya meningkatkan minat baca bagi anak-anak didik dan otomatis pengetahuan anak-anak didik menjadi luas dan terbuka terhadap hal-hal disaat sekarang ini,” tambahnya.

Alpius mengatakan, sebelum literasi ini diberlakukan maka, guru akan lebih dulu mendapatkan pelatihan tentang menulis buku dengan narasumber dari Jakarta.

“Tak hanya menulis namun membuat komik pembelajaran sebab itu bisa digunakan dalam pengajaran bagi anak-anak didik di Tingkat PAUD dan TK,” pungkasnya. (Tom/Yek)