BERBAGI
Kejar WTP, DPRD Sarmi Belajar ke Kota Jayapura
Pertemuan Pansus DPRD Kabupaten Sarmi bersama Pemerintah Kota Jayapura di Kantor Wali Kota

JAYAPURA – Guna mengejar predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarmi dipimpin Wakil Ketua I Rudianto Pampang Kunjungan Kerja (Kungker) di Kota Jayapura.

Kunjungan kerja DPRD Sarmi untuk belajar jalanya pemeritahan Kota Jayapura yang kita tahu bersama Kota Jayapura beberapa kali mendapat penghargaan tetang pelayanan Publiknya kepada masyarakat.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano disela-sela menerima delegasi DPRD Kabuaten Sarmi menegaskan, untuk meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dibutuhkan komitmen pimpinan itu sendiri.

“Kami siap mendampingi dan mengajarkan ke Pemerintah Sarmi apa yang telah kami raih, dan kami siap mengirim Tim WTP Kota Jayapura ke Sarmi agar Sarmi bisa maraih WTP juga, karena sudah pernah mendampingi di Kabupeten Fak-Fak dan Manokwari dan dibeberapa daerah lain di Provinsi Papua,” jelas Benhur saat menerima secara langsung Anggota DPRD Kabupaten Sarmi Jumat, (18/5).

Dalam pelaksanaanya, Benhur menyampaikan tim WTP Kota Jayapura harus membuat laporan tahunan disetiap OPD, hal ini kita lakukan agar bisa mengetahui sejauh mana laporan tersebut dan OPD wajib memberikan indikator kinerja.

“Pemerintah harus pro aktif datang melaporkan kepada BPK. Jadi, tidak salah datang melihat penyusunsn LKPD, langkah-langkah meraih WTP dan penataan aset,” kata Benhur.

Untuk itu, Benhur berpesan agar pengawasan sering dilakukan terhadap OPD, penggunaan anggaran harus sesuai dengan prosedur, juga pada pentaan aset seperti tanah, kendaraan dan bangunan harus sesuai dengan aturan dan prosedur yang ada.

“Intinya adalah komitmen dari pemimpin. Itu yang dibutuhkan untuk bisa meraih WTP. Selain itu penyampaikan laporan keuangan secara transparan dan terperinci,” kata Benhur.

Benhur menambahkan kepada seluruh OPD untuk melakukan perencanaan dengan baik, monitoring dan rapat agar pekerjaan berjalan dengan baik.

Kunjungan 20 orang rombongan Pansus DPRD Kabupaten Sarmi di Kota Jayapura, berlangsung di ruang rapat Wali Kota di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat, (18/5) yang dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura.(fid/pel)