BERBAGI
Warga Baru, Wajib Lapor Diri Kepada Ketua RTRW
Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano MM

JAYAPURA – Terkait maraknya aksi terorisme di Indonesia, maka Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano MM, meminta kepada Ketua RT/RW dapat memantau warga baru diwilayahnya masing-masing.

“Peran Ketua RT/RW sangat diharapkan dalam mendata penduduknya, sebab kalian yang mengetahui satu persatu warga kalian. Jadi wajib bagi Ketua RT/RW mengetahui jumlah dan dimana tempat tinggal mereka,”Kata Benhur saat ditemui dikonfrensi PGGS di hotel Grand Abe. Kamis Kamis(17/5/18).

Benhur mengatakan minimal warga baru melaporkan kepada Ketua RT atau RW 1×24 jam, jika tidak warga tersebut patut dicurigai. Hal ini dilakukan agar kondisi Kota Jayapura yang telah terjaga dengan baik, tidak terusik oleh ulah oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Ketika disinggung mengenai instruksi Pemerintah Pusat terkait pendataan penduduk, maka Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano MM, mengatakan bahwa sejak dari dulu Pemkot telah mendata warganya melalui e-KTP dan kami yang paling pertama melakukan pendataan tersebut di Provinsi Papua.

Selain e-KTP pihaknya juga mewajibkan keluarga memiliki kartu keluarga dan bagi anak yang baru lahir wajib memiliki akte kelahiran.”Semua ini kami lakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus mengetahui jumlah data penduduk yang berada di Kota Jayapura,”Jelasnya.

“Jika semua ini telah dilakukan maka pihaknya juga melakukan sweping E-KTP di rumah warga maupun dipelabuhan Jayapura bagi warga yang masuk maupun bagi warga yang keluar, Hal ini dilakukan agar warga baru dapat termonitor dengan baik,” ungkapnya.(fid/pel)