BERBAGI
Alan/Wone Selebrasi pemain Persipura Jayapura selepas menjebol gawang Madura United pekan ke sembilan di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (19/5)
Alan/Wone
Selebrasi pemain Persipura Jayapura selepas menjebol gawang Madura United pertandingan pekan ke sembilan di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (19/5)

6 Persipura Jayapura vs Madura United 0

 JAYAPURA-Persipura Jayapura berhasil kembali ke puncak klasemen setelah mempecundangi Madura United 6-0 pada pekan ke sembilan Liga 1 2018 di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (19/5).

 Kemenangan Persipura Jayapura itu diciptakan melalui kaki Boaz Solossa menit ke-8, ke-37, Ian Louis Kabes menit ke-30, Marcel Sacramento menit ke-58, Rivaldo Todd Fere menit ke-73, Imanuel Wanggai menit ke-86.

 Kemenangan yang diraih Boaz Solossa cs di laga kandang pekan ke sembilan membuat Persipura Jayapura kembali naik ke puncak klasemen dengan 17 poin, sedangkan Madura United harus turun ke peringkat ke-4 dengan 16 poin.

 Pertandingab sejak kick off babak pertama dibunyikan Boaz cs sudah bermain menyerang dengan tempo permainan yang cukup cepat. 

 Alhasil di menit ke-8 Boaz Solossa berhasil membuka keungulan Persipura Jayapura dengan gol fantastis yang di arahkan ke sudut gawang Madura United.

Unggul 1-0 anak-anak Mutiara Hitam semakin meningkatkan serangan yang selalu membuat lini belakang Madura United bersusah payah untuk menghalau.

 Bola pantul dari tendangan Marcel Sacramento menit ke-30 yang mengenai mistar gawang kembali dilesatkan Ian Louis Kabes ke sudut kiri gawang, Persipura menambah  keungulan menjadi 2-0.

 Ketinggalan gol, Madura United berusaha untuk menyamai kedudukan, namun serangan yang di bangun Zah Rahan Krangar selalu dipatahkan lini belakang Persipura Jayapura. 

 Serangan balik di menit ke-37 sodoran Marcel Sacramento kembali diselesaikan dengan baik oleh kapten Persipura Jayapura, Boas Solossa dan menambah jumlah gol menjadi 3-0. Keunggulan Persipura Jayapura atas Madura United bertahan hingga turun minum.

 Memasuki babak kedua, Persipura semakin menggila, hal itu terbukti pertandingan berjalan 12 menit tepatnya  menit ke-57 Marcel Sacramento yang memanfaatkan bola blunder di depan gawang dengan baik sehingga merubah skor menjadi 4-0, sekaligus menambah jumlah golnya di Liga 1 menjadi Top Score sementara dengan 6 gol.

 Keputusan Head Coach Persipura Jayapura Peter Butler untuk memasukkan dua pemain di pertengahan babak kedua merupakan keputusan yang tepat.

  Rivaldo Todd Fere yang masuk menggantikan Boas Solossa langsung menggetarkan jala gawang Madura di menit ke-73.

 Imanuel Wanggai yang masuk menggantikan Ricardo Salampessy juga berhasil menyelesaikan sodoran bola matang yang diberikan Todd Fere menit ke-86 dan gol tersebut merupakan gol penutup Persipura Jayapura ke gawang Madura United.

 Head Coach Persipura Jayapura, Peter Butler mengatakan, di pekan ke sembilan ini merupakan pekan di mana anak asuhnya bangkit dari hasil kemarin.  

 Dan ia tidak memberikan motivasi untuk kembali bangkit karena anak asuhnya sudah paham apa yang akan dilakukan setelah menerima hasil kemarin. Selain itu, ia juga mengaku senang karena semua pemainnya sangat disiplin dengan aturan yang diberikan.

“Apa yang saya katakan mereka ikut dan buat, bagaimana kita kerja dan bagaimana kita ada bagus peluang, dan saya sangat senang,” ujar Peter.

Peter menambahkan, alasannya untuk memainkan empat pemain muda dalam laga tersebut adalah karena ia percaya dengan kemampuan mereka.

 “Kevin main dengan baik tapi kadang-kadang dia bikin kesalahan, tapi itu biasa. tapi Todd Fere, Gunasar dan Ronaldo, mereka pemain spesial. Kita masih punya empat pemain yang mungkin nanti untuk menghadapi tim lain tapi mereka harus tetap rendah hati,” ungkapnya.

 Sementara itu, Pelatih Madura United, Milomir Seslija mengatakan, hasil yang dialami timnya kurang baik malam ini. dan permainan Persipura Jayapura sangat baik, karena tiga peluang dengan tiga gol. 

Dia menilai, Madura United punya tiga peluang juga tapi tidak bisa menghasilkan gol, tapi apapun hasilnya Madura United akan menerima dan akan berusaha untuk lebih baik di pertandingan berikutnya.

 “Persipura bermain lebih taktikal, babak pertama mereka punya tiga peluang dan tiga-tiganya jadi gol, kita juga punya peluang, tapi itulah sepak bola, apapun hasilnya kita akan terima dan memperbaiki untuk pertandingan selanjutnya,” akunya.

 Ia juga menilai bahwa anak asuhnya tidak banyak melakukan penyerangan ke depan untuk melakukan tendangan ke arah gawang. 

 “Kita akan berusaha untuk jauh lebih baik, inilah sepak bola karena semua tidak berhenti di sini saja. Untuk itu di pertandingan selanjutnya kita akan berusaha lebih bagus lagi,” tutupnya.(aan/yek)