BERBAGI
Dinas PU Kelola Dana Infrastruktur Hampir Rp1 T
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Papua Djuli Mambaya

JAYAPURA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Papua Djuli Mambaya mengakui pihaknya mengelola dana infrastruktur  Tahun  2018 hampir 1 Triliun.

Dengan riancian masing-masing Rp400 Miliar untuk proyek Jembatan Holtekamp dan Ring Road Hamadi – Skyland, sedangkan Rp500 Miliar membiayai pekerjaan-pekerjaan kecil.

“Untuk dana infrastruktur Tahun 2019 kami harapkan lebih meningkatlagi agar akselerasi pembangunan dipercepat, khususnya konektivitas antar dalam mendukung pelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Papua,” ungkap Djuli Mambaya kepada wartawan baru-baru ini.

Sementara itu, Mambaya menjelaskan, pihaknya memastikan pembangunan jalan di Kabupaten Biak dan Yahukimo berjalan lancar. “Khususnya pembangunan ruas jalan Sunyar – Padwa – Urfu saat ini sudah memberikan  manfaat  langsung bagi masyarakat di Kabupaten Biak Numfor,” terangnya.

Meskipun diakuinya masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tapi dapat dipastikan sudah memerikan manfaat bagi masyarakat Papua.

Sementara untuk tahun ini, ujarnya, kemungkinan paket pekerjaan untuk Biak akan sedikit mengingat pengalihan anggaran banyak ke Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua,  guna mendukung pelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Papua.

Sedangkan pekerjaan ruas jalan di Kabupaten Tolikara, terangnya, pembangunannya sudah tuntas 100 persen, meskipun ada temuan-temuan. Tapi sudah diselesaikan dengan pengembalian anggaran ke kas daerah. “Yang terpenting, jelasnya, dampak pembangunan sudah bisa dimanfaatkan rakyat Papua,” tutupnya. (mdc/pel)