BERBAGI

JAYAPURA–Sebanyak 69 Masjid yang tersebar di lima distrik di wilayah Kota Jayapura mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian selama bulan suci Ramadan. Pengamanan ini guna memberikan rasa aman dan nyaman umat muslim saat  melaksanakan salat tarawih.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP. Gustav R. Urbinas saat dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polresta Jayapura, Iptu. Jahja Rumra, Jumat (18/5) menyatakan, telah menerjunkan 300 personil dalam pengamanan Ramadan.

Ratusan personil merupakan gabungan seluruh yang ada di Satuan Polres Jayapura Kota dan Jajaran Polsek. “Pengamanan ini dimaksudkan agar umat muslim di wilayah Kota Jayapura merasa aman dan nyaman ketika melaksanakan ibadah puasa, khususnya saat Tarawih,” kata Jahja.

Dalam pengamanan Masjid, lanjut Jahja, akan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Setiap Masjid akan diamankan dua hingga lima personil kepolisian setiap harinya. “Jadi untuk Masjid yang jemaahnya banyak akan dijaga oleh lima personil. Tapi dalam pengamanan ini, minimal setiap masjid dijaga dua personil,” tuturnya.

Selain melakukan pengamanan melekat, mantan Kanit Reskrim Polsek Jayapura Utara, pihaknya juga melakukan patroli di wilayah Kota Jayapura. “Kita tidak memetakan rawan dan tidaknya suatu daerah. Sebab semua daerah berpotensi terjadi gangguan, oleh karena itu kita maksimalkan pengamanan juga dengan patroli di seluruh wilayah,” kata Jahja.

Ia pun mengimbau, kepada masyarakat agar saling menghargai dan menghormati antar umat beragama. “Apabila ada isu-isu yang tidak bertanggung jawab agar segera melaporkan kepada kami, sehingga langsung ditindaklanjuti,” tambahnya. (ful)