BERBAGI
Melebihi Kapastas, Pemkot akan Tambah Lagi Puskesmas di Abepura
Wakil Wali Kota Ir. Rustan Saru saat di wawancara wartawan

JAYAPURA – Melebihi kapasitas pelayanan di dua Puskesmas di Abepura, Pemerintah Kota Jayapura Tahun 2019 merencanakan akan membangun lagi 1 unit Puskesmas di Wilayah Distrik Abepura. Pasalnya, Puskesmas Abepura dan Kotaraja saat ini dalam menerima pasien semakin hari jumlah masyarakat yang datang berobat terus mengalami peningkatan.

“Tahun depan kita akan bangun 1 unit Puskesmas lagi, apakah itu di dekat  Pasar Lama Abepura yang letaknya strategis untuk melayani masyarakat yang jumlahnya semakin meningkat,” kata Rustan Saru kepada wartawan, belum lama ini.

Rustan mengatakan, saat ini masyarakat sudah mulai banyak yang berobat atau memeriksakan kesehatan di Puskesmas setempat, karena pelayanan yang diberikan Puskesmas sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, termasuk Puskesmas sudah ada yang melayani selama 1×24 jam.

Hal lainnya, kalau hanya sakit batu, pilek, asma dan lainnya masyarakat tidak perlu lagi ke Rumah Sakit seperti RSUD dok 2, RSUD Abepura maupun Rumah Sakit Dian Harapan. Untuk itulah saat ini tingkat kunjungan pasien di Puskesmas-puskesmas di Kota Jayapura mengalami peningkatan.

“Ia mengharapkan kepada masyarakat untuk rutin mengontrol kesehatannya ke puskesmas-puskesmas yang berada di Kota Jayapura, sebab pelayanan tersebut gratis disana,”Jelasnya.

Rustan menambahkan kesadaran ini harus terus ditingkatkan, agar tingkat kesakitan di Kota ini bisa menurun, selain itu ia meminta kepada warga Kota untuk merubah pola hidup dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayaur-sayuran.(fid/pel)