BERBAGI
Alan/Wone  Abdoulaye Maiga saat melakukan latihan di Stadion Mandala Jayapura
Alan/Wone
Abdoulaye Maiga saat melakukan latihan di Stadion Mandala Jayapura

Abdoulaye Maiga

 JAYAPURA-Defender asal Mali Abdoulaye Maiga terkena sanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dan harus absen selama empat pertandingan. Selain absen selama empat pertandingan, pemain kelahiran Bomako 20 Desember 1988 harus membayar denda Rp 20 juta.

Well, sanksi yang diterima pemain 184 cm itu karena melakukan pelanggaran yang tidak terlihat oleh wasit saat tidak sengaja mengayunkan tangannya dan mengenai pemain Persib Bandung, Bojan Bozovic pada menit ke-12 kala Persipura Jayapura berjumpa dengan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (12/5) lalu.

Media Officer Persipura Jayapura, Bento Madubun juga membenarkan hal itu saat dikonfirmasi Wone, Jumat (18/5) sore di Stadion Mandala Jayapura.

Bento mengatakan, keputusan yang di berikan Komdis tersebut sangat merugikan Persipura Jayapura karena Manajemen Persipura Jayapura tidak melihat separah apa kejadian tersebut, namun Komdis melihat hak itu sebagai pelanggaran dan menjatuhkan hukuman kepada Abdoulaye Maiga untuk tidak bermain selama empat pertandingan.

“Kita sudah terima surat keputusan itu dan kita sangat menghormati keputusan itu, kita inginkan sekarang ini adalah minimal ada kualitas. Ketika pemain kita diganjar Rp 20 juta dan empat laga, dan ada pemain lain melakukan hal yang sama kita berharap Komdis bisa memberikan sanksi yang sama,” pintanya.

Menurutnya, keptusan Komdis tersebut sedikit tidak tepat namun Manajemen Persipura Jayapura tidak ingin menanggapi hal itu dengan menuduh ada kesengajaan dalam mengambil keputusan untuk menghukum pemain Persipura Jayapura jelang laga kandangn.

“Kita tidak mencurigai ini, tidak sama sekali. Tapi jangan sampai ada kesan tebang pilih atau ada yang coba mengatur situasi ini, itu tidak bagus kalau sampai ke sana. Untuk itu manajemen menerima keputusan ini tapi berharap ke depan kalau memeng ada pemain lain melakukan hal yang sama harus ditindak dengan hukuman yang sama agar ada kualitas.

Mantan Redaktur SKH Bintang Papua ini mengukapkan bahwa pihak Persipura Jayapura juga akan segera mempelajari kejadian tersebut lewat video dan komunikasi dengan Abdoulaye Maiga karena hal itu jelas merugikan tim Persipura Jayapura.

“Kita akan pelajari videonya lebih rinci dan komunikasi dengan Maiga. Namun kita tidak berpikir yang lain. Kita akan berpikir bagaimana agar ketika kita buat kesalahan bukan kita yang rugi tapi tim juga akan rugi. Untuk itu kita akan pelajari itu untuk menghindari kondisi-kondisi yang justru bisa merugikan tim,” tutup Bento.(aan/yek)