BERBAGI
Ketua KPU Kepulauan Yapen (tengah) didampingi komisioner KPU Kepulauan Yapen lainnya saat memberikan arahan kepada perwakilan partai dalam Sosialisasi Penetapan Daerah Pemilih (Dapil) dalam Pemilu Legislatif 2019, di Serui, Rabu (16/5).

SERUI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Yapen telah menetapkan bahwa daerah pemilihan (dapil) untuk pemilu legislatif (pileg) 2019 dibagi menjadi empat dapil.

Terkait hal ini, bertempat di Gedung Infokom Serui, KPU Kepulauan Yapen melakukan Sosialisasi Penetapan Daerah Pemilihan (dapil) dalam Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2019, Rabu (16/5).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua KPU Yapen dan para komisioner KPU, para perwakilan dari partai politik, Bupati Kepulauan Yapen, Dandim 1709/YAWA, Ketua Panwas Yapen dan tamu undangan.

Ketua KPU Kepulauan Yapen Moris C Mabuai menjelaskan KPU berharap agar semua pihak bisa bekerja sama dengan baik untuk menciptakan pesta demokrasi yang damai.

“Dari KPU sudah melakukan verifikasi terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan itu sudah diserahkan ke KPU Provinsi dan sudah diterima secara langsung,” kata Moris C Mabuai.

Adapun Daerah Pemilihan Anggota DPRD Kepulauan Yapen sendiri terdapat 4 dapil yang terdiri dari Dapil Satu meliputi Yapen Selatan. Dapil Dua meliputi kecamatan Angkaisera, Anotaurei, Yawakukat. Dapil Tiga untuk kecamatan Yapen Timur, Yapen Utara, Raimbawi, Teluk Ampimoi, Kepulauan Ambai, Pulau Kurudu. Dan untuk Dapil Empat berada di Kecamatan Yapen Barat, Poom, Kosiwo, Wonawa, dan Windesi.

Sementara Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar mengatakan pemerintah menyambut baik dengan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU kepada masyarakat ini.

Menurutnya, dari beberapa dapil di Yapen ada beberapa dapil yang memang sulit untuk dilakukan sosialisasi dikarenakan medan yang begitu sulit untuk dijangkau. “Tapi secara keseluruhan pembagian dapil ini sudah sesuai dengan kursi perdapil,” ujarnya.

Bupati berharap agar para pimpinan partai politik untuk bisa menerima dari apa yang telah diputuskan dari KPU dan Panwas.

Dari Panwas yang menghadir kegiatan ini menyampaikan ada hal yang belum pasti dalam hal tingkat partisipasi dari pemilih.

Ia juga menegaskan dari pihak Panwas mengikuti aturan dari KPU seperti semua jadwal kegiatan yang dilakukan dari KPU untuk menyelenggarakan Pemilu nanti.

KPU Yapen sendiri saat ini sedang melakukan klarifikasi daftar pencalonan anggota legislatif untuk Pemilihan 2019 mendatang. (her/man)