BERBAGI
Suasana Peringatan Hari Patimura ke-201 Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Pegunungan Tengah Papua di Gedung Ukumearek, Wamena, Selasa (15/5) malam. (Foto:Itlay/Cepos)

WAMENA – Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) se Pegunungan Tengah Papua menggelar peringatan Hari Patimura ke-201 di Gedung Ukumearek, Wamena, Selasa (15/5) kemarin.

Ketua IKEMAL se-Pegunungan Tengah Papua, Christian Sohilait mengungkakan pihaknya kegiatan ini dalam memperingati Hari Patimura ke-201. Mereka ingin mengenang kembali jasa-jasa Patimura kepada Indonesia.

“Kita tetap membakar semangat obor Patimura itu,” jelas Sohilait saat memberikan keterangan pers di sela-sela peringatan Hari Patimura di Gedung Ukumearek, Selasa malam.

Dalam peringatan ini juga, Ikemal Pegunungan Tengah Papua turut mendoakan warga Indonesia terkait dengan peristiwa bom bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.

“Kita semua punya tanggung jawab untuk menjaga keamanan. Hari ini terjadi di Surabaya tapi besok bisa terjadi di sekeliling kita. Karena itu, kita memberikan doa kepada korban tapi juga Tuhan mengampuni mereka yang melakukan kejahatan kemanusiaan itu,” jelasnya.

Dia mengaku, tidak secara kebetulan pihaknya mengambil tema “Beta untuk Indonesia”. “Jadi saat kami rapat dengan pengurus kami menangis. Bukan secara kebetulan, tema ini persis dengan apa yang dialami bangsa ini. Bahwa kita adalah beta untuk Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, menurut Sohilait momen itu juga, pihaknya mengantar kaum muslimin dan muslimat yang memasuki ibadah puasa.

“Kami mengantar mereka masuk dalam suasana damai dan suka cita hingga pada hari kemenangan nanti pada akhir Ramadan,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat sementara Bupati Jayawijaya, Doren Wakerkwa mengajak semua pihak mengenang jasa Patimura yang menggalang kekuatan untuk mengusir penjajah dari Indonesia. Dia berharap keluarga Ikemal maupun semua masyarakat melakukan hal serupa dalam konteks saat ini. “Harus menggalang kekuatan bersama untuk wujudkan pembangunan di Papua,” katanya.

Doren juga menyampaikan terima kasih kepada Ikemal Pegunungan Tengah Papua yang memberikan kontribusi besar dalam pembangunan di wilayah Peguteng Papua.

“Saya memberikan apresiasi kepada Ikemal dan berharap Ikemal lebih tingkatkan kekompakan dan kebersamaan di sini sehingga ikatan ini betul-betul menjadi agen perubahan di Papua,” katanya.(lay/man)