BERBAGI
Suasana Sosialisasi Penerima Bansos Rastra di Gedung Silas Papare, Serui, Selasa (15/5).(Foto:Herman/Wone)

SERUI – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen melalui Dinas Sosial melakukan sosialisasi penerima Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) kepada seluruh kepala kampung se-Kabupaten Yapen yang bertempat di Gedung Silas Papare Serui, Selasa (15/5).

Sosialisasi ini dilakukan untuk menjelaskan tentang bantuan sosial berupa bantuan beras sejahtera yang diprogramkan oleh Presiden RI Jokowi.

Penerima bantuan sosial beras sejahtera di tahun ini sebesar 10kg perKK dan sudah dibagikan ke setiap kampung/kelurahan. Di Yapen sendiri terdapat 181 kampung/kelurahan.

Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar meminta agar peran dari semua pihak dapat bekerja sama dengan baik dalam menyalurkan bantuan sosial ini kepada masyarakat.

“Agar terlaksana dengan baik maka dituntut peran besar dari semua pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam menyalurkan bantuan sosial kepada seluruh masyarakat yang transparan, jujur, dan adil,” tegas Tonny Tesar.

Pihaknya menjelaskan untuk penerima bantuan sosial ini ada beberapa mekanisme penyaluran bantuan sosial yang perlu diketahui dan ditindaklanjuti oleh para pihak yang menyalurkan bantuan sosial masyarakat. Untuk itu penerima bantuan sosial masyarakat harus mempunyai E-KTP atau KTP Elektronik, Kartu Keluaga (KK), data penghasilan dan melihat kondisi sehari-hari termasuk tempat tinggal.

Tonny Tesar menambahkan kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat dan sebagai forum pembekalan strategi yang memberikan pemahaman seluas-luasnya. “Untuk itu seluruh peserta dalam sosialisasi ini harus bisa memilih hal-hal mana yang menjadi prioritas untuk dilakukan sejalan dengan penyaluran bantuan sosial,” ujarnya.

Percepatan pembangunan masyarakat yang lebih nyaman lebih maju dan lebih sejahtera salah satunya adalah ditentukan dari keberhasilan dalam menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat dengan jujur.

Kadis Sosial Yapen Wahyudi menjelaskan program ini sangat baik untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial dan pihaknya mengajak agar sama-sama melaksanakan program ini dengan baik.

“Kami akan menyalurkan bantuan sesuai dengan data yang diterima. Maka dengan itu kita perlu memanfaatkam bantuan yang diberikan guna menunjang kebutuhan kita sehari-hari,” harapnya.(her/man)