BERBAGI
Mulai Senin Depan, Upacara Bendera Setiap Senin
Para Pimpinan SKPD ketika ikut Apel Pagi di Halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II, Jayapura

JAYAPURAGubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo menegaskan, jika selama ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menggelar Apel Pagi dan Apel Gabungan pada setiap hari Senin, maka mulai minggu depan bukan Apel. Tapi upacara bendera.

Demikian disampaikan  Gubernur Papua Mayjen  TNI (Purn) Soedarmo, ketika memimpin Apel Pagi  di Halaman  Kantor Gubernur Papua, Dok II, Jayapura, Senin (14/5).

Ia mengatakan, Pemerintah Pusat khususnya Kemendagri  telah menerbitkan  Surat Edaran kepada masing-masing Pemda diseluruh  Tanah Air, agar menggelar upacara bendera setiap Senin.

“Jadi  tolong mulai minggu depan bukan apel tapi upacara bendera,” katanya.

Sebelumnya, Sekda Papua TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP mengatakan,  Pemprov Papua setiap Senin menggelar Apel Pagi dan Apel Gabungan di Halaman Kantor Dinas-Dinas Otonom Provinsi Papua, Kotaraja dan di Halaman Kantor  Gubernur Papua, Dok II, Jayapura. “Kalau Apel Gabungan digelar di Halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II, Jayapura pada setiap Senin minggu pertama dalam bulan. Jika ada ada hal penting yang ingin disampaikan kepada ASN, maka Apel Gabungan bisa saja digelar tak hanya pada minggu pertama dalam bulan,” ujar Sekda.

Sekedar diketahui, Mendagri Tjahjo Kumolo telah menerbitkan Surat Edaran yang ditujukan kepada pemerintah daerah untuk melaksanakan upacara bendera setiap Senin. Upacara bendera tersebut akan menekankan penghormatan terhadap Bendera Merah Putih, Lagu Indonesia Raya, serta lagu daerah masing-masing.

“Hal tersebut untuk menanamkan rasa cinta tanah air, bela negara, dan kepedulian sosial,” ujar Mendagri.(mdc/pel)