BERBAGI
Akhir Bulan, Kehadiran ASN Merosot
Foto Dok : ASN saat Apel Pagi di Halaman Kantor Wali Kota Jayapura. Sangat Disayangkan setiap memasuki akhir bulan jumlah ASN ikut Apel Pagi cenderung menurun

JAYAPURA  – Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi MM, menegaskan, Apel setiap Hari Senin adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura.

Namun sangat disayangkan, jumlah kehadiran  ASN pada Apel gabungan setiap Hari Senin pagi, memasuki minggu akhir atau minggu ketiga dan keempat jumlah ASN yang hadir cenderung merosot.

“Berdasarkan laporan, minggu pertama hingga kedua persentasinya mencapai 95 persen, namun memasuki akhir bulan atau minggu ke tiga hingga ke empat persentasinya menurun,” tegas Benhur saat memimpin Apel gabungan di halaman Kantor Wali Kota, Senin, (14/5).

Benhur mengatakan prilaku kucing-kucingan seperti ini harus dihilangkan oleh ASN di lingkungan Pemkot Jayapura. Secara khusus tujuan Apel pagi ini untuk memperkokoh kebersamaan dan koordinasi antara para aparatur, baik secara pribadi atau institusi kelembagaan.

Untuk itu persentase kehadiran harus ditingkatkan dan jangan sampai merosot, khususnya kehadiran apel pagi dan kehadiran aparatur setiap harinya dimasing-masing OPD.

Lebih lanjut, ia mengingatkan kepada seluruh pemimpin OPD untuk dapat mengontrol stafnya yang jarang mengikuti apel pagi.”Berilah teguran dan peringatan bagi mereka yang jarang ikut apel dan jika tidak diindahkan maka berilah hukuman,” jelasnya.

Ia berharap pengawasan dan penilaian terhadap bawahannya terus dilakukan oleh pimpinan OPD, sebab hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku serta sejalan dengan misi kedua saya yaitu meningkatkan penataan pemerintahan yang baik, dengan dukungan kapasitas birokrasi yang proporsional.(fid/pel)