BERBAGI
TUMBUR/WONE  Antonius Widyo
TUMBUR/WONE
Antonius Widyo

Masjid dan Musala akan Diamankan

SENTANI-Menjelang Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriah Tahun 2018, Bandar Udara Sentani membuka posko pengaduan bagi masyarakat. Posko pengaduan ini setiap tahun dibuka guna mendengar tanggapan pengguna transportasi udara mengenai fasilitas dan pelayanan di Bandara Udara Sentani.

Kepala Bandar Udara Sentani, Antonius Widyo mengatakan, dibukanya posko di Bandara ini memang setiap tahun dilakukan dan itu tepat pada waktu menjelang Bulan Suci Ramadan yang kali ini bertepatan libur sekolah.

“Tujuan dibukanya, posko pengaduan untuk mengantisipasi hal-hal yang dialami penumpang terlebih keselamatan penumpang apalagi diperkirakan pada saat itu, terjadi lonjakan penumpang yang sangat dratis dari keadaan normal,” ujarnya kepada wartawan saat ditemuai di Sentani, Selasa (15/5).

Seiring diikuti melonjaknya penerbangan serta mengantisipasi hal itu, pihaknya juga meningkatkan keamanan dan keselamatan penumpang penerbangan.

Untuk penambahan pesawat, ia menyampaikan, sementara ini belum ada permintaan menjelang Bulan Suci Ramadan. ”Jika pun ada, bandara siap menampungnya,” tegasnya.

Di tempat terpisah,  Kapolres Jayapura, AKBP. Victor Dean Mackbon mengatakan, saat ini sedang disusun personil yang akan ditempatkan pada masjid dan musala yang akan diamankan.

“Anggota yang ditempatkan akan disesuaikan dengan kerawanan tempat ibadah dari masing-masing daerah sehingga pengamanan antara tempat ibadah satu dengan lain tidak akan sama polisi yang ditempatkan. Dan itu akan dilakukan selama bulan puasa,” katanya kepada wartawan, Selasa (15/5).

Tak hanya itu, kata mantan Kapolres Mimika, pihaknya juga akan rutin menggelar razia di beberapa titik dengan sasaran miras dan narkoba. Pasalnya, diperkirakan miras dan narkoba akan meningkat selama puasa sehingga untuk menekannya akan dilakukan razia.

“Razia yang dilakukan melalui preventif dan penegakan hukum. Dan itu dilakukan pada waktu berbuka puasa, terawih dan sahur. itulah pola yang akan dilakukan oleh Polres Jayapura selama bulan Ramadan,” paparnya.

Kapolres menambahkan, kepada anggota Polres Jayapura selain sebagai pengamanan masjid juga akan ditugaskan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas pada waktu Kuliah Tujuh Menit (Kultum).

“Harapan kami melalui pesan Kamtibmas masyarakat bisa menjaga keamanan lingkungannya masing-masing,” harapnya.(tom/yek)