BERBAGI
Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM mengajak 28 Kabupaten di Provinsi Papua bekerja sama dibidang pendidikan

JAYAPURA – Kota Jayapura merupakan Ibu Kota Provinsi Papua, tentunya menjadi salah satu barometer pembangunan di Provinsi Papua, baik pembangunan infrastruktur maupun pendidikan. Untuk itu dalam meningkatkan pendidikan kepada anak-anak didik di Papua,  Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM mengajak 28 Kabupaten di Provinsi Papua bekerja sama yaitu, menitipkan anak-anak sekolah mulai dari kelas 5 SD, sampai dengan SMP dan SMA/SMK untuk menimbah Ilmu di Kota Jayapura.

“Kota Jayapura mempunyai sekolah – sekolah unggulan sehingga mereka (anak-anak seklah) bisa dititipkan di sekolah-sekolah unggulan tersebut untuk di didik menimba ilmu disini,” ajak Wali Kota BTM belum lama ini usai memantau pelaksanaan ujian sekolah berbasis nasional tingkat sekolah dasar.

BTM mengatakan, agar mereka bisa menerima materi pembelajaran karena ujian saat ini berbasis Informasi Teknologi (IT) sehingga mereka bisa diperkenalkan dengan IT dengan baik. “Anak-anak juga bisa belajar bahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu, kalau para Bupati berniat melakukan kerjasama dengan pemerintah Kota Jayapura mari kita bekerja sama meningkatan pendidikan kepada anak-anak di Papua.

Lebih lanjt Benhur mengatakan, pemerintah Provinsi Papua telah memberikan dana otsus 30% untuk menangani pendidikan ditiap Kabupaten/Kota sehingga mereka bisa di dititip di sekolah yang ada di Kota Jayapura dengan menggunakan Alokasi Dana Otsus tersebut.

Itu merupakan niat Wali Kota jika para bupati berkenan untuk meningkatkan sumber daya manusia khusus anak-anak yang berada di pedalaman Papua agar mereka bisa mengenal sistem komputer dan bisa belajar bahasa Inggris.

Diakuinya, Kota Jayapura  sudah cukup maju dan merupakan barometer di tanah Papua sehingga niat saya untuk membantu meningkatkan sumber daya manusia orang Papua agar tidak dinilai terkebelakang dalam dunia pendidikan.(fid/pel)