BERBAGI
DPT Lani Jaya Final, Total Pemilih 186.414 Suara.
Ketua KPU Lani Jaya Tanus Kogoya,S.Pd (Kanan). Anggota, Yakien Wenda.SE (Tengah)dan Anggota KPU Divisi Hukum. Durian Wenda,(Kiri)

JAYAPURA – Setelah mendapatkan rekomendasi dari Bawaslu Provinsi Papua, kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lani Jaya, maka KPU mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) terbatas antara KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mensingkronkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Kegiatan Rakor berlangsung di Grand Abe Hotel, Jumat, (11/05).

Rapat Koordinasi ini dilakukan mengingat Hari Minggu (13/05) KPU melaksanakan Pleno Penetapan DPT selanjutnya diserahkan kepada KPU Provimsi Papua.

“Hsil Rakor sudah selesai dibahas, dengan jumlah DPT yang akan mengikuti pemilihan Gubernur tanggal 27 Juni 2018 mendatak untuk Kabupaten Lani Jaya, berjumlah sebanyak 186.414 suara sah,” ungkap Ketua  KPU Kabupaten Lani Jaya Tanus Kogoya, S.Pd saat ditemui Harian WONE.

Lanjut Ketua KPU, isi rekomendasi dari Bawaslu Provinsi yaitu, apakah julah DPS akan diakomodir menjadi DPT atau tidak, maka Rakor ini berlangsung satu hari dengan keputusan bahwa DPS tidak diakomodir.

Kata Tanus Kogoya, karena Kepala Dinas Dukcapil Lani Jaya dalam Rakor tersebut mengatakan bahwa, DPS yang belum terakomodir akan dilakukan kelengkapan Adminduknya berupa e-KTP dan Administrasi lainnya.

“Hasilpertemuan ini akan dibuat berita acaranya selanjutnya akan diserahkan kepada Bawaslu Provinsi dan KPU, mengingat waktu yang sangat mepet,” tambah Ketua KPU.

Untuk itu, harap Tenus Kogoya dengan adanya penetapan DPT ini, semua masyarakat Kabupaten Lani Jaya sebagai mana terdaftar pada DPT untuk datang dimasing masing TPS mengunakan hak suaranya sesuai dengan hati nurani masing – masing, dan berjalan dengan demokratis pada tanggal 27 Juni 2018 pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Papua mendatang, ajaknya.(cw-02/pel)