BERBAGI

 

DOK HUMAS POLRESTA FOR WONE Tiga Pelaku Pembacokan Diamankan Aparat di Mapolres Jayapura Kota.
DOK HUMAS POLRESTA FOR WONE
Tiga Pelaku Pembacokan Diamankan Aparat di Mapolres Jayapura Kota.

JAYAPURA – Tim gabungan Opsnal Polres Jayapura Kota dan Polsek Abepura meringkus tiga pelaku pembacokkan di Jalan Raya Tanah Hitam (Tahiti), Kelurahan Asano, Distrik Abepura, Kota Jayapura, yang menewaskan seorang warga bernama Dani Subi Nusli (38), Kamis (10/5) siang.
Dani yang tercatat sebagai PNS Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jayapura tewas akibat mengalami luka bacok pada bagian kepala belakang. Dalam peristiwa itu, satu korban lainnya bernama Hasmi Rajibun (32) kritis akibat mengalami luka bacok pada bagian kepala sebelah kiri dan tangan kiri.
Kapolres Jayapura Kota, AKBP. Gustav R. Urbinas saat dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polresta Iptu. Jahja Rumra, Kamis (10/5) malam menegaskan, ketiga pelaku ditangkap pada dua tempat terpisah, pascapengeroyokan di kawasan Tanah Hitam.
Ketiga pelaku yakni, AD alias Dian (19) warga Samping Pasar Yotefa, Distrik Abepura dan IN (30) warga Kali Acay, Distrik Abepura. Keduanya ditangkap tanpa perlawanan saat berada di Rumah Sakit Yowari, Kabupaten Jayapura.
Sementara satu pelaku lainnya berinisial MW (19) warga Kotaraja Grand, Distrik Abepura, ditangkap tanpa perlawanan di kawasan Waena, Kelurahan Heram, Kota Jayapura. Dalam penangkapan itu, aparat berhasil mengamankan barang bukti sebilah parang dan sepeda motor yang digunakan pelaku.
Terungkapnya pelaku pengeroyokan ini, Jahja mengungkapkan, berawal dari informasi masyarakat terkait keberadaan pelaku pengeroyokan di Tanah Hitam, pada pukul 17.00 WIT. Dari informasi itu, Kapolsek Abepura AKP. Dionisius VDP Helan langsung memimpin Tim Opsnal Polsek Abepura dan Opsnal Polresta untuk melakukan penangkapan.
“Awalnya anggota menangkap dua pelaku di Doyo, Kabupeten Jayapura, dan dari informasi kedua pelaku, kami berhasil menangkap pelaku ketiga di kawasan Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura,” paparnya.
Jahja menegaskan, pihaknya masih mendalami motif pengeroyokan yang menewaskan salah satu korban. “Penyidik masih memeriksa ketiga pelaku untuk mengungkap motif pengeroyokan. Saat ini ketiganya telah ditahan di rutan Mapolres Jayapura Kota,” tegas Jahja.
Sebelumnya, dua orang warga dibacok tiga pria tak dikenal di Jalan Raya Tanah Hitam depan Pos Patmor, Kelurahan Asano, Distrik Abepura, Kamis (10/5) pukul 13.10 WIT. Akibat ulah ketiganya, kedua korban dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Abepura.
Satu korban Dani Subi Nusli (38) dinyatakan meninggal dunia, sedangkan satu korban lainnya bernama Hasmi Rajibun (32) kritis. Pembacokan ini menyulut emosi warga yang ada di sekitar lokasi dengan membakar dua sepeda motor yang disinyalir milik pelaku di depan Pos Patmor Tanah Hitam.
Berdasarkan data lapangan yang diperoleh Wone, kedua korban dan ketiga pelaku sempat terlibat perkelahian di depan Rumah Makan Kurnia tepat diseberang Jalan depan Pos Patmor Tanah Hitam hingga berujung pembacokan. Informasi yang berkembang, perkelahian itu diduga buntut hutang piutang.(ful/yek)