BERBAGI

Sekaligus Pameran Makanan  Lokal, Khususnya Sagu dan Kopi

Sekda Papua Bidang Umum Elysa Auri
Asisten III Sekda Papua Bidang Umum Elysa Auri, didampingi Plt. Asisten II Sekda Papua Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Noak Kapisa, menyalami Staf, ketika Apel Gabungan di Halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II, Jayapura, Senin (7/5)

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor  atau Car Free Day sekaligus   santap bersama makanan  lokal, terutama Sagu dan Kopi Papua, melibatkan seluruh SKPD, Forkopimda Provinsi Papua, BUMN, BUMD, perbankan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan  di Taman Imbi, Sabtu, (12/5).

Demikian disampaikan Asisten III Sekda Papua Bidang Umum Elysa Auri, bersama  Plt.  Asisten II Sekda Papua Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra  Ir. Noak Kapisa  pada Apel Gabungan di Halaman Kantor Gubernur Papua,  Dok II, Jayapura, Senin (7/5).

Ia mengatakan, tujuan Car Free Day ini untuk  memperkenalkan makanan-makanan lokal asli di Provinsi Papua.

Pada pameran nanti, Pak Penjabat Gubernur akan menyampaikan selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi Umat Muslim diseluruh Provinsi Papua.
Sementara itu, Noak Kapisa menjelaskan,  sesuai instruksi dari Penjabat Gubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo bahwa Hari Sabtu (12/5) akan diselenggarakan Car  Free Day sekaligus untuk memperkenalkan dan menyajikan makan lokal asli  Papua.

“Manfaatnya adalah akan memperkenalkan seluruh makanan asli Papua yang  akan melibatkan seluruh SKPD, Forkompimda, BUMN, BUMD,” jelas Elysa Auri.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Papua mengungkapkan, pihaknya terus mempromosikan dan membudayakan Sagu dan  Kopi, karena kedua komoditas ini memiliki kwalitas yang  lebih baik dibandingkan dengan Provinsi lain di Tanah Air.

Untuk itu, terangnya, pihaknya mengundang   seluruh SKPD, ForKopimda Provinsi Papua, BUMN, BUMD, lembaga perbankan dan perusahaan catering, untuk  membuat stand-stand, memamerkan dan  menyajikan  Sagu dan Kopi Papua.

“Sagu dalam bentuk Kue, Roti dan Papeda. Tapi bervariasi,” ungkap dia.

Sebagaimana diwartakan, Penjabat Gubernur Papua telah mencanangkan budaya makan makanan lokal sekaligus hasil komoditas Papua, diantaranya Sagu dan Kopi,  bertepatan dengan upacara Hardiknas di Halaman Kantor  Gubernur Papua,  Dok II, Jayapura, Senin  (2/5) lalu. (mdc/pel)