BERBAGI
Kota Perkuat Kominfo
Asisten III Sekda Papua Bidang Umum Elysa Auri, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Kansiana Salleh, SH, menabuh Tifa, ketika membuka Bidang Kominfo, Sosialisasi Layanan e-Government Serta Pemberdayaan Kim—Pertunra Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua di Swiss—Belhotel Papua, Jayapura, Senin (7/5)

JAYAPURASebagaimana di amanatkan UU No. 25 Tahun 2009, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, minta pemerintah Kabupaten/Kota khususnya Dinas Kominfo untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Kami mengharapkan peran Kominfo Kabupaten dan Kota,  agar dapat diperkuat guna menghadirkan pelayanan publik yang maksimal, khususnya dalam pelayanan pemerintahan dan pembangunan sebagai kebutuhan masyarakat dengan memperkuat koordinasi fungsi Kominfo antara Pusat, Provinsi, Kabupaten maupun Kota, dalam  pengembangan e-Goverment terintegrasi,” ungkap  Asisten III Sekda Papua Bidang Umum Elysa Auri, didampingi  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Kansiana Salleh, SH, ketika membuka Bidang Kominfo, Sosialisasi Layanan e-Government  Serta Pemberdayaan Kim Pertunra Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua di Swiss Belhotel Papua,  Jayapura, Senin, (7/5).

Menurutnya, UU No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik   juga menuntut Kominfo melakukan inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik seiring dengan perkembangan Iptek yang makin pesat, sehingga pelayanan pun kini menggunakan platform Iptek menjadi pilihan utama guna mendukung terlaksananya pelayanan itu.

Dikatakannya, memasuki pembangunan Papua yang berkelanjutan dengan kemunculan beberapa regulasi baru dalam upaya percepatan pembangunan di Bumi Cenderawasih serta upaya mensukseskan agenda nasional PON XX  Tahun 2020, bidang Komunikasi dan Informatika, dituntut berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang optimal serta didukung penerapan e-Government yang terintegrasi.

Elysa Auri mengatakan,  pihaknya mengapresiasi  capaian pembangunan dibidang Komunikasi dan Informatika beberapa waktu terakhir di Papua, yang mana telah mendorong pembangunan Base Trancever Service (BTS) Blankspot di daerah. Menyusul penyediaan akses Internet dan berjalannya proyek pembangunan Palapa Ring Timur di 23 Kabupaten di Provinsi Papua.

“Tak ketinggalan ada kepercayaan dari KPK kepada Dinas Kominfo untuk menjadi leading sector penerapan e-government terintegrasi di daerah. Untuk itu, saya harap apa yang telah dilakukan oleh Kominfo, dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan apa yang telah dicapai dan dilaksanakan saat ini,” jelas Elysa Auri.

Dikatakannya, berkaitan dengan sosialisasi kepada aparatur Kominfo kabupaten dan kota tentang kelompok informasi masyarakat sebagai dukungan layanan informasi yang melibatkan peran serta masyarakat melalui Pertunra, hal demikian dinilai efektif sebagai sarana layanan informasi melalui kelompok  masyarakat.

“Kami mengharapkan kegiatan ini para peserta dapat kembali dan melaksanakan ilmu yang dihasilkan pada masing-masing wilayahnya, terutanma pelayanan informasi yang maksimal dan terintegrasi,” ujarnya.

Kegiatan  yang mengusung Thema Optimalisasi Penerapan e-Government Menuju Peningkatan Layanan Publik, dihadiri perwakilan Dirjen Informatika dan Dirjen IKP Kemenkominfo, Direktur Utama Bakti Kemenkominfo serta pimpinan SKPD di Lingkungan Pemprov Papua dan Pemkab dan Pemkot Se-Provinsi Papua.(mdc/pel)