BERBAGI

Percasi Kota Jayapura gelar Turnamen Catur Tingkat Pelajar

JAYAPURA – Guna menjaring Atlet Olahraga Catur potensial, maka pengurus Percasi Kota Jayapura menyelenggarakan Turnamen Catur tingkat pelajar SD, SMP, SMA/SMK dan tingkat umum se-Kota Jayapura.

Dalam pelaksanaan Turnamen tersebut diselenggarakan di aula SMP N 1 Jayapura Utara.

Ketua Percasi Kota Jayapura, mengatakan, Turnamen ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasioanal (Hardiknas) tingkat Kota Jayapura.

“Kegiatan ini dalam rangka menyeleksi Atlet Pekan Olahraga Nasional (Popnas) Tahun 2019 di Jayapura, serta PON XX Papua Tahun 2020 dimana Provinsi Papua merupakan tuan rumah,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat,(4/5).

Ia mengharapkan dengan turnamen ini akan lahir bibit-bibit catur yang handal, sekaligus menghidupkan permainan catur di Kota Jayapura.

Sementara itu Ketum Koni Kota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano MM, mengatakan permainan catur bukan saja untuk menyalurkan hobi semata, melainkan untuk mengembangkan kecerdasan manusia terutama bagi generasi muda kita.

“Olahraga catur juga bisa mengembangkan karakter manusia. Untuk itu ia mengapresiasi dengan diadakan turnamen catur ini,”Kata Benhur.

Benhur menambahkan selain untuk ajang pencarian bakat, turnamen ini bisa menjadi solusi cerdas didalam mengisi kekosongan waktu bagi anak- anak kita.

“Dengan catur mereka bisa terhindar dari kegiatan-kegiatan yang negatif yang hanya merusak masa depan anak-anak kita,”Jelasnya.
Pesan saya kepada seluruh peserta lomba agar menggunakan momen ini untuk mengasah kemampuannya secara baik dan sebagai ajang untuk membina mental kalian secara optimal.(fid/pel)