BERBAGI
Suasana pemberian edukasi dan sosialiasi tentang inklusi keuangan yang dilakukan Pegadaian terhadap anak-anak sejak usia dini di Mall Jayapura, Rabu (4/4).(Foto:Sunario/Wone)

JAYAPURA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pegadaian yang ke-117 tahun dan juga guna meningkatkan tingkat literasi, sosialisasi dan edukasi tentang inklusi keuangan di masyarakat dalam memperoleh informasi pelayanan keuangan di perbankan maupaun non perbankan, Pegadaian Kanwil V Manado yang membawahi Area Jayapura menggelar Pegadaian literation fair 2018 di Mall Jayapura, Rabu (4/4).

Deputi operasioanl kanwil V Manado yang juga sekaligus Debuti Bisnis Pegadaian Area Jayapura, Zulfan Adam mengungkapkan kegiatan tersebut dilaksanakan, juga sekaligus memperkenalkan beberapa produk terbarunya yang telah dikeluarkan sejak awal 2018 lalu yaitu Pegadaian Digital Service (PDS) dan juga produk Keagenan.

“Pegadaian dalam kurun waktu belum lama ini telah membentuk beberapa agen baru, yang nantinya agen tersebut akan memudahkan masyarakat dalam melakukan setiap transaksi. Selain itu, dalam kegiatan ini juga kami akan memperkenalkan kepada masyarakat akan Gadai Prima. Gadai prima ini merupakan salah satu produk tanpa bunga yang diperuntukkan khusus kepada masyarakat yang sangat membutuhkan modal dalam pembiayaan,” ujar Zulfan Adam dalam sambutannya.

Dalam sambutan tersebut, Zulfan juga melaporkan bahwa kinerja Pegadaian Area Jayapura selama 2017 lalu telah mencapai hasil yang memuaskan yakni sebesar Rp 350 miliar dengan total laba sebesar Rp 50 miliar, dan jumlah omset yang telah disalurkan kepada masyarakat sebesar Rp 1,3 triliun yang tersebar di 5 Kantor Cabang (KC) diantaranya 4 KC Konvensional dan 1 KC Syariah.

“Di 2018 ini, kita juga mendapat tantangan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk bisa bertumbuh di angka rata-rata 20 persen. Dan dari target yang sudah ditetapkan tersebut, khusus untuk area jayapura saat ini telah tercapai sebesar 92 persen dari target. Dan secara kinerja dari 5 Area KC di seluruh Kanwil V Manado, Area Jayapura merupakan area yang terbaik  dan layak mendapatkan ranking 1,” pujinya.

Dikatakannnya, selain beberapa produk itu, pihaknya dalam menjalankan bisnisnya juga telah membantu para masyarakat dalam bentuk Perjanjian Kerjasama (PKS) yang merupakan salah satu program kemitraan dengan bunga 3 persen/tahun. Dan hingga Maret 2018 lalu, pihaknya juga telah menyalurkan dana sebesar Rp 2 miliar dalam pembagunan pasar sentral di Sentani, sarana ibadah, fasilitas umum dan lain sebagainya.

“Ke depan kita akan lebih giat lagi membangun dan membantu masyarakat dalam peningakatan kesejahteraan khususnya pembagunan sarana dan prasarana. Dan rencananya pada 7 April ini, kami juga akan mengadakan suatu kegiatan bersih-bersih sungai dan beberapa kampung yang ada di Papua, tentunya bersama dengan sinergi antar BUMN,” pungkasnya. (sun/man)