BERBAGI
Yudhi/Wone
Dominggus Mandobar,SIP

JAYAPURA-Puluhan siswa SMK Kesehatan Machida Nabire melakukan kunjungan industri kesehatan PKL I ke Negara Tetangga Singapura.
Hal ini disampaikan Wakil Kepala Sekolah SMK Kesehatan Machida Nabire, Dominggus Mandobar,SIP saat ditemui Wone, Rabu (4/4).
Mandobar menerangkan, di SMK Kesehatan Machida Nabire ada namanya PKL I, II dan III.
“Saat ini PKL I kita melakukan kunjungan industri ke luar Papua untuk melihat industri kesehatan yang ada di luar sana,” katanya.
Selain itu, siswa-siswa ini akan berkunjung ke SMK Kesehatan yang telah teragreditasi A+ di Pulau Jawa, selain kunjungan ke Singapura.
“Kunjungan kita ke Singapura untuk melihat sekolah Indonesia yang ada di sana,” ujarnya.
Manfaat dan tujuan kunjungan ke Singapura, kata Mandobar, agar siswanya mempelajari bagaimana sekolah kesehatan itu tumbuh dan berkembang di sana.
“Bagaimana mereka juga melihat sebuah perusahaan memproduksi obat dengan bahan-bahan baku yang ada di sekitar,” tuturnya.
Dikatakan, pihaknya juga akan mengunjungi Perusahaan Obat Sidomuncul untuk melihat pembuatan dari satu produknya.
“Melihat tumbuhan kita menjadi satu produk obat yang bagus. Di perusahaan obat lainnya pun kita akan kunjungi bagaimana mereka membuat Lengkuas menjadi minuman berenergi bagi tubuh kita,” tuturnya.
Saat ditanya mengenai dukungan dana, Mandobar menjawab, sampai saat ini dana yang digunakan dari SMK Kesehatan Machida dan belum ada bantuan dari Pemerintah Daerah baik Kabupaten maupun provinsi.
“Kami berharap, adanya dukungan bantuan dari Pemerintah Daerah untuk kegiatan ini. Dan juga ke depan, jangan hanya sekolah kami tetapi sekolah lainnya pun dapat berpartisipasi,” harapnya.(yek)