Beranda Hukum & Kriminal Seludupkan 5,2 Kg, Satu Pelaku Ditetapkan Tersangka

Seludupkan 5,2 Kg, Satu Pelaku Ditetapkan Tersangka

231
0
BERBAGI

JAYAPURA-Penyidik Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura Kota menetapkan satu tersangka dari tujuh pemuda yang ditangkap atas dugaan penyelundupan 83 paket ganja seberat 5,2 Kg di Pantai Skouw, Distrik Muara Tami, Minggu (25/3) malam.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP. Gustav R. Urbinas,SH,SIK kepada wartawan, Selasa (27/3) menegaskan, penetapan tersangka terhadap AR (19) ini menyusul hasil penyelidikan penyidik Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura Kota terkait kepemilikan 4 kg ganja di wilayah Perbatasan.

Hasil pemeriksaan awal, lanjut Gustav, tersangka juga mengaku, sebagai pemilik puluhan paket ganja yang ditemukan aparat TNI di tepi Pantai Skouw, Distrik Muara Tami. “Tersangka ini tercatat sebagai warga Organda Padang Bulan, Distrik Heram. Saat ini sudah kami tahan,” tegas Gustav.

Terkait status keenam pemuda lainnya yang turut diamankan di lokasi kejadian, mantan Kapolres Jayapura ini menyatakan, masih melakukan pendalaman dengan mengambil keterangan keenam pemuda tersebut. “Enam orang masih dalam pendalaman, apakah terlibat dalam kasus ini atau tidak,” kata Gustav.

Sebelumnya, Satuan Tugas Yonif Para Raider 501 Kostrad berhasil menangkap 7 penyelundup narkoba jenis ganja  di sekitar Pantai Skow, wilayah Perbatasan RI-PNG, Minggu (25/3) malam. Dari tangan para penyelundup, aparat menyita 83 paket ganja seberat 5,2 kilogram.

Dari ketujuh penyelundup ganja, empat diantaranya merupakan warga Papua Nugini. Mereka yakni BL (18), JN (16), AX (18) dan JL (18), sedangkan tiga lainnya berinisial KA (20), NW (25) dan FR (19).

Komandan Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Mayor Inf. Eko Antoni Chandra Listiyanto dalam siaran persnya, Senin (26/3) mengatakan, penangkapan tujuh pengedar ganja ini merupakan hasil laporan masyarakat yang mencurigai perahu cepat yang berlabuh di tepi Pantai Skouw, pada pukul 23.00 WIT.(ful/yek)