BERBAGI

Persipura 2 VS 1 Persela

JAYAPURA– Persipura Jayapura berhasil memetik poin penuh dalam laga perdana Liga 1 Go-Jek 2018 di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (24/3/2018). Gol penentu kemenangan tim berjuluk Mutiara Hitam ini dicetak oleh pemain muda, Ronaldo Wanma, yang sekaligus menghantarkan timnya memuncaki klasemen sementara.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, kedua tim langsung menampilkan permainan dalam tempo cepat dan terbuka. Saling bergantian serang, membuat kedua tim mampu menciptakan banyak peluang di menit-menit awal pertandingan meskipun belum ada yang bisa dikonversi menjadi gol.

Peluang terbaik bagi tim Persipura terjadi pada menit 27, ketika umpan silang yang diberikan pemain muda, Kevin Rumakiek dari sektor sayap kiri ke arah kotak penalti Persela, berhasil ditanduk Kapten Tim, Boaz “Bochi” Solossa ke sudut kanan gawang yang tidak mampu ditepis kiper Persela. Skor berubah menjadi 1-0 untuk tuan rumah. Keunggulan ini bertahan hingga peluit jeda babak pertama dibunyikan.

Babak kedua dimulai, Persela langsung tancap gas untuk mengejar ketertinggalan. Berkali-kali, tim tamu mencoba melakukan tusukan ke arah jantung pertahanan Persipura melalui serangan yang dibangun dari tengah lapangan hingga sisi sektor sayap permainan. Upaya ini tidak sia-sia, 15 menit pertandingan babak kedua berjalan, tepatnya pada menit ke 60 Persela mendapatkan peluang emas lewat skema serangan balik. Hasilnya, Sugeng Efendi berhasil menceploskan bola ke dalam jala gawang Persipura yang dijaga Dede Sulaiman. Papan skor berubah menjadi 1-1.

Tak ingin kehilangan poin penuh di kandang sendiri, Persipura meningkatkan intensitas serangan dan coba melakukan beberapa pergantian pemain untuk menambah daya gedor di area permainan lawan. Hasilnya, pemain muda Ronaldo Wanma yang masuk menggantikan Marcel Sacramento, berhasil mencetak gol memanfaatkan bola rebound yang coba dibuang pemain belakang Persela, M. Ridwan, pada menit ke 75. Gol kedua Persipura ini langsung disambut gemuruh sorak sorai penonton yang memadati stadion Mandala Jayapura. Keunggulan 2-1 bertahan hingga peliut akhir pertandingan dibunyikan.

Dalam sesi konferensi pers usai pertandingan, Pelatih Kepala Persipura, Peter Buttler, mengaku bangga dengan hasil yang diraih anak asuhnya. Meskipun, ia melihat ada cukup banyak kekurangan yang mesti diperbaiki.”Banyak pemain muda yang kita turunkan di pertandingan ini, dan saya bangga dengan hasil yang dicapai,”paparnya.

Peter menyorot penampilan anak asuhnya di babak kedua yang ia nilai kehilangan fokus dan tidak menjalankan strategi yang sudah diberikan. Ia mengaku sedikit kecewa melihat penampilan anak asuhnya di babak kedua.

“Babak kedua jelek sekali. Hilang focus dan disiplin. Pemain pikir mereka bisa bermain individu. Sehingga akhirnya rencana bermain itu hilang. Jadi harus mengerti, kalau mau main dengan saya tidak bisa main seperti itu,”tegasnya.

Sejumlah peluang emas yang tercipta di babak pertama namun nyatanya penyelesaian akhir tidak berbuah menjadi gol, turut menjadi sorotan pelatih berkebangsaan Inggris itu.

“Saya pikir kita punya banyak peluang di babak pertama, tapi kalau kita tidak mampu untuk selesaikan kesempatan seperti itu, maka pasti kita ada masalah,”tuturnya.

Namun demikian, ia meyakini skuad Persipura yang saat ini dihuni banyak pemain muda akan semakin baik kedepannya. “Tiga atau enam bulan kedepan kita akan lebih kuat. Tapi kita harus kasih pemain muda waktu. Saya punya pengalaman seperti itu,”ujarnya.

Sementara itu Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso, memuji penampilan penjaga gawang Persipura, Dede Sulaiman yang bermain sangat baik di pertandingan tersebut.

Secara keseluruhan ia cukup puas dengan penampilan perdana timnya. Anak asuhnya sudah bermain dengan disipilin. Baik bertahan maupun menyerang. Namun memang beberapa peluang yang ia pikir bisa menjadi gol tapi tidak terjadi.

“Sebenarnya penyelesaian sudah mengarah ke gawang tapi kiper Dede Sulaiman tadi beberapa kali melakukan penyelamatan bagus. Memang Dede Sulaiman tampil sangat bagus,”tutupnya.(aan/jog)