BERBAGI

JAYAPURA-Mengawali Kompetisi Liga 1 musim 2018 dengan hasil positif ketika mampu mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 2-1 di Stadion Mandala, Sabtu (24/3), Persipura Jayapura saat ini tengah diperhitungkan untuk meraih kampiun musim ini

Well, meski sempat tersendat masalah suponsor, namun sata ini Persipura Jayapura mulai bangkit dengan dukungan PT. Bank Papua dan PT. Freeport Indonesia.

Pengamat olahraga dan sepak bola Papua, Daniel Womsiwor menilai, meski Persipura Jayapura dan PSM Makassar bergantian memimpin klasemen di awal musim, analisa pengamat sepak bola nasional masih menempatkan Persija Jakarta, Bali United FC, Persib Bandung dan Persipura Jayapura yang kandidat juara musim ini.

“Ini berarti juara tahun ini masih berkisar di Pulau Jawa, Bali dan Papua. Persipura masuk urutan keempat calon juara, karena 60 persen mengandalkan pemain senior yang rata-rata usianya sudah 33 tahun,” jelas Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Cenderawasih (Uncen) kepada Wone, Selasa (27/3).

Pria yang sedang menyelesaikan pendidikan doktor di Universitas Udayana Bali menilai, secara fisiologis usia 33 tahun di luar zona usia emas sebagai pemain sepak bola. Karena seorang pemain bola usia emasnya adalah 25-30 tahun.

“Untuk meraih target juara solusinya pelatih Persipura Jayapura wajib eliminasi pemain sehingga 60 persen pemain usia emas dan 40 persen pemain senior usia di atas 30 tahun,” terang dia.

Mantan pelatih sepak bola Embun Supiori menyampaikan, analisa ini dirinya sampaikan karena Persipura Jayapura di tempatkan pada urutan keempat calon juara.

“Kelemahan Persipura hanya soal  transisi dari menyerang ke bertahan dan itu bisa diatasi dengan menumpuk pemain usia emas di pertahanan, tengah. Saya juga lihat kemenangan kemarin (Lawan Persela-red) karena masuknya Andri Ibo yang hidupkan lini belakang, akhirnya tekanan lebih sering ke daerah lawan yang menghasilkan blunder,” tuntasnya.(yek)