BERBAGI
Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas Menunjukan Motor Curian Hasil Razia dan Hunting di Kota Jayapura.

JAYAPURA-Kepala Kepolisian Resort Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas,SH,SIK mengeluarkan peringatan keras kepada masyarkat yang kedapatan membeli sepeda motor hasil curian, baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Peringatan keras ini ditegaskan mantan Kapolres Jayapura menyusul maraknya kasus pencurian sepeda motor di Kota Jayapura. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang terjaring menggunakan sepeda motor hasil curian.

“Siapa pun masyarakat yang menggunakan motor curian, baik sengaja maupun tidak sengaja, patut diduga kendaraan itu diperoleh dengan harga murah akan diproses hukum dengan pasal 480 KUHP tentang penadahan barang curian,” tegas Gustav di halaman Mapolresta, Selasa (27/3).

Ia meminta, kepada masyarakat agar mewaspadai sepeda motor yang dijual dengan harga murah atau di luar dari harga kewajaran. “Masyarakat harus cerdas, kalau patut dicurigai motor curian, maka jangan dibeli,” tuturnya.

Menurut Gustav, Polres Jayapura Kota telah memproses empat kasus atas penadahan sepeda motor curian hasil pengembangan dari tersangka curanmor. Dari empat kasus, dua kasus diantaranya sudah dinyatakan lengkap oleh pihak kejaksaan.

Ia pun mengimbau, kepada masyarakat maupun mahasiswa agar tidak membeli sepeda motor curian maupun menggunakan sepeda motor hasil curian. Imbauan ini mengingat diberlakukannya tindak tegas terhadap pemakai sepeda motor yang terjaring razia ataupun hunting di jalan.

“Jika pengendara tidak mampu menunjukan dokumen yang sah, maka saat ini juga akan kami periksa dengan sangkaan Pasal 480 KUHP,” tambah Gustav.(ful/yek)